Pages

Monday 1 December 2014

Cek Kesehatan di Mall? Bisa Kok

Alhamdulillah kadar asam urat saya sudah normal ^^ (dok.pribadi)
Selamat pagi, teman-teman semuaaa! Hehe semangat kerja lagi donk yaa.

Kalau saya sih, sepertinya akhir pekan  sibuknya bisa-bisa melebihi hari kerja ya. Acara sana, undangan sini, phiiiuuuuh capek. Tapi tetep senang bisa jalan bareng keluarga dan silaturahmi.

Oh ya, kalo namanya akhir pekan itu kan gak jauh dari yang namanya makan enak, kan kan kan :) Hehe saya sih yang pasti :D Malah ada yang diet ketat kalau hari Senin-Jumat, nah Sabtu-Minggu membebaskan diri dari diet. Hayo ngakuuu siapakah itu ^_^

Nah, kalo yang gak punya masalah kesehatan sih, asyik-asyik aja mau makan apa. Ketemu sate kambing, martabak mesir atau aneka pasta di tempat resepsi atau restoran favorit, ya tinggal makan aja, gak perlu mikir2 lagi.

Tapiiii, kalau yang sempat punya masalah kesehatan, hhmmmm mikir2 dulu nih mana yang mau dimakan. Selektif ceritanya :)

Lalu bagaimana dengan saya? Hehe mungkin ada yang pernah baca postingan saya soal..ehem..ehem..kadar asam urat saya yang lumayan tinggi. Dari kadar normal 2-6, asam urat saya sempat mencapai 9,6. Badan pegel2, gak enak dan sebagainya.

Alhasil selama beberapa minggu terakhir, saya mengurangi sayuran hijau, kacang2an, daging, dll. Sempat sih karena saya hindari sayuran hijau, akhirnya saya sempat susah BAB alias sembelit :( Yaah repot juga. Akhirnya, makan juga sayuran hijau, ya seminggu satu atau dua kali deh. Padahal saat itu saya sudah perbanyak buah, tapi rupanya masih juga kurang serat dari sayuran.

Hampir sebulan sejak cek asam urat yang agak tinggi, saya belum sempat lagi cek. Setelah konsultasi melalui salah satu portal kesehatan dengan dokter, saya minum obat yang disarankan untuk sekitar satu minggu.

Nah, ceritanya saya dan suami janjian disebuah mall di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Karena lokasi mall itu ditengah2 antara kantor saya dan suami. Rencananya, kami akan mampir membeli kado untuk Sandya, anak kedua saya yang berulangtahun.

Kebetulan hari Jumat siang kemarin hujan besar. Bisa ditebak donk, lalu lintas Jakarta pas rush hour pulang kantor jam 5. Maaaceeeeettttttt banggeeeettttt :(

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk agak berlama2 di mall hehehe *cari alesan* :D

Cari tempat makan dulu, trus ke musholla. Eeh ada orkestra juga disana. Lumayan untuk melepaskan penat kerja, saya dengerin dulu lagu2 yang dimainkan secara live. Asik juga, ada lagu-lagu yang dimainkan lagu-lagu populer seperti Let It Go, dll.

Petugas disana baik-baik deh. Terimakasih mbak :) (dok.pribadi) 
Kemudian, turun ke lantai tempat mainan anak. Trus lewat sebuah counter, ditawarin cek kesehatan gratis. ehem..ehem sebagai yang sadar gratisan, saya mah seneng2 aja. Boleh pilih dari beberapa cek kesehatan yang ada secara gratis, ada cek tekanan darah, cek kepadatan tulang dll. Apalagi counter kesehatan ini juga bukan sembarangan kok. Namanya, KalCare yang merupakan bagian dari Kalbe. Rasanya kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi deh.

"Mmm..ada tes asam urat gak mbak?" tanya saya ragu2. Duuuh,, sebenernya sih deg2an juga mau cek kadar asam urat lagi. Turun gak yaaa :(

"Ada bu, tapi tidak gratis," jawab petugas disana.

"Iya deh Mbak, gak apa2. Sekalian aja," kata saya.

Akhirnya, saya memutuskan cek disana. Prosedurnya sama dengan yang saya lakukan sebelumnya. Hanya perlu diambil sedikit darah dari ujung jari. Lalu darah dimasukkan di alat khusus dan tinggal menunggu hasil.

Sambil menunggu, saya diajak ngobrol oleh petugas disana. Baik-baik deh.

Tidak terasa hasil asam urat saya sudah ketahuan. Alhamdulillah hasilnya 4,34. Sudah normal dibandingkan kadar sebelumnya.

Untuk cek kesehatan gratisan saya cek lemak tubuh. Hihihi hasilnya, lemak tubuh saya keseluruhan normal tapi Indeks Massa Tubuh tergolong berlebih dan lemak organ dalam masih harus banyak diturunkan. Sepertinya ini PR utama saya.

Saran petugas disana, jaga makanan serta olahraga. Iya mbak, saya usahakan yaa :)

Jujur saja, setelah memeriksakan diri hari itu saya jadi lega dan merasa lebih tahu apa yang harus saya lakukan. Besok-besok sih sepertinya saya bakal balik lagi kesana.

Senangnya kini cek kesehatan makin mudah dilakukan, bisa sekalian nge-mall deh ^_^









2 comments:

  1. mmm... Mba, saya oleh dokter saya disarankan kalau mau cek2 darah begini, puasa dulu 12 jam. Biar tidak terkontaminasi kadar gizi makanan yg baru 3 jam kita makan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sih memang ada cek darah dengan puasa, tapi ada juga cek darah sewaktu, alias tanpa puasa. Jadi standar hasilnya memang dibedakan antara hasil puasa dengan hasil sewaktu. Kalau di dokter sih memang standarnya puasa. Tapi, kalau hanya untuk mengecek bulanan, untuk saya sih cukup yang sewaktu saja. Mungkin untuk orang lain bisa beda, tergantung kondisi kesehatan masing-masing. Terimakasih yaa :)

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...