Pages

Wednesday 17 December 2014

Cara Mudah Cari Rumah

Anggapan cari rumah itu ibarat cari jodoh, itu rasanya gak salah ya. Untuk yang pernah merasakan ribetnya cari rumah, ya bisa mengalami seperti saya dulu.

Waktu saya mulai mencari rumah beberapa tahun yang lalu, ceritanya masih rumit pake banget. Saya dan suami mengandalkan informasi dari surat kabar dan informasi dari orang-orang sekitar. Seringnya menemukan informasi tidak akurat, sampai rumah bermasalah. Untung gak sampe dikejar-kejar anjing penjaga rumah hihihi ^_^

Saat itu, koneksi internet masih belum seperti sekarang. Apalagi, keuangan saya dan suami juga masih pas2an lah. Mengingat kami banyak menabung untuk rumah, ya biaya internet yang lumayan itu gak jadi prioritas juga. Kami belum terpikir untuk mencari rumah melalui internet, ya jadinya ketemu dengan kesulitan-kesulitan yang tidak perlu itu.

Langsung klik ke Rumah.com donk
Tapiii, saat ini semua sudah berbeda. Kisah saya mungkin hanya akan ditertawakan oleh para pencari rumah dan properti saat ini. Ya memang repot banget. Nah, baru-baru ini saya mendengar cerita dari seorang teman mengenai pencarian terhadap rumah idamannya dengan keluarga. Yang pasti beda banget dengan versi saya hahahaha :)


Ceritanya, teman saya tinggal di rumah orangtuanya di kawasan Jakarta Barat dan kadang tinggal bersama mertuanya di kawasan Jakarta Timur. Setelah anaknya akan memasuki jenjang sekolah dasar, mulailah teman saya ini pikir-pikir untuk membeli rumah. Kan tidak lucu juga jika kemudian sekolah anaknya harus pindah-pindah hehehe :)
Pakai Google untuk cari website penyedia informasi penjualan rumah 
Teman saya jauh lebih beruntung dibandingkan saya saat membeli rumah, dengan berbagai situs web yang menyediakan informasi. Hmmmmm..kalau sudah kebanyakan, bingung juga ya, pilih yang mana.

Setelah menentukan budget sekaligus lokasi yang dicari,  Akhirnya, paling mudah kan cari informasi melalui om google terlebih dahulu. Nih, masih berdasarkan pengalaman temen saya, dia pun mengetikkan kalimat "cari rumah di Depok" pada kolom cari alias search.

Dan hasilnya, situs web yang pertama muncul bernama Rumah.com. Info yang ditawarkan sangat lengkap, termasuk harga, foto dan dan peta. Ya langsung di klik donk.

Meski yang lebih penting isi informasinya, tapi tampilan awalnya juga sudah menarik, ya pasti bikin orang betah cari-cari informasi di situ. Temen saya seneng banget gak salah pilih website.

Lalu, mulailah pencarian rumah idamannya di Rumah.com. Karena awalnya masuk melalui Google dengan kata kunci "cari rumah di Depok", otomatis informasi awal yang diterima ya tentang properti dijual di depok. Ada tiga foto yang lengkap dengan harga dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Kalau belum merasa sreg, mulai deh scroll ke bawah, Disana ada ribuan informasi properti di Depok. Wuidiiiih banyak banget ya.

Ribuan informasi rumah dan properti di Rumah.com
Tapi kan puyeng juga ya kalau harus lihatin satu-satu dari ribuan rumah yang ditawarkan. Enaknya gimana donk?

Hehehe ternyata Rumah.com itu sudah mikirin untuk kita-kita pencari informasi. Di sebelah kiri laman tadi, ternyata ada fitur "perinci pencarian".
Seleksi pencarian dengan fitur perinci pencarian bikin tambah mudah
Tuh kan, disana ada pilihan apakah kita mencari yang dijual atau disewa. Kemudian, kita tinggal mengisi sesuai keinginan mengenai tipe, propinsi, kota, area, harga, jumlah kamar tidur, luas dan status sertifikat.

Jika masih ingin merinci kebutuhan kita lebih lanjut, bisa klik tanda (+) pilihan pencarian lainnya. Nanti disana akan muncul pilihan kisaran per M2, waktu terdaftarnya informasi tersebut serta pilihan dengan atau tanpa foto.
Ada juga fitur untuk memperinci pencarian lebih lanjut
Pilihan-pilihan itu kemudian bisa diurutkan, apakah dengan klasifikasi tanggal (lama ke baru) atau (baru ke lama), bisa dengan klasifikasi harga (tinggi ke rendah) atau (rendah ke tinggi), juga klasifikasi ukuran, yaitu (besar ke kecil) atau (kecil ke besar). Lengkap kan.

Kemudian tinggal tekan tombol "cari" dan pilihan yang paling dekat dengan kebutuhan kita pun tersedia di depan mata. Tadaaa....hehehe bukan sulap, bukan sihir, tapi itu sih asli gampang banget.
Perincian dapat memperoleh hasil yang mendekati kriteria rumah diinginkan
Kalau misalnya hasil dari pencarian belum ada yang sreg, bukan berarti pencarian di Rumah.com ini berakhir loh ya. Masih banyak fitur lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan rumah impian disini.

Teman saya kemudian memutuskan untuk mendaftar sebagai anggota di Rumah.com. Lalu apa aja keuntungannya? Hehe sabar. Pasti banyak untungnya kok, daripada ruginya. Apalagi, layanan ini bisa dinikmati tanpa biaya, alias gratis tis tis *aiiih suka deh dengernya* :D

Tuh kan saya juga daftar dong ah. Maaf no hp di sensor ya :)
Tinggal klik "Daftar Gratis" yang ada di bagian kanan atas website Rumah.com. Setelah itu, akan diminta informasi pribadi lebih lanjut untuk melengkapi pendaftaran. Kalau sudah selesai diisi, tinggal klik kirim. Selesai deeh untuk langkah pendaftaran jadi anggota di Rumah.com

Untuk daftar harus melengkapi informasi pribadi profil. Eh itu kok tahun lahirnya ikut disensor siiih ;)
Nih, salah satu keuntungan jadi anggota di Rumah.com adalah aplikasi untuk pencarian dan peringatan properti saya. Artinya, dengan peringatan listing kita dapat informasi terkini mengenai rumah dan properti yang ada pada listing Rumah.com. Sepanjang pengalaman yang saya dengar dari teman saya, peringatan listing ini sih katanya cuma dia temukan di Rumah.com
Horeeee sudah resmi terdaftar jadi anggota Rumah.com :)
Lalu, dengan peringatan listing maka akan dikirimkan email harian tentang semua listing yang cocok dengan kriteria yang dipilih. Kita juga bisa menyimpan maksimum 10 pencarian atau peringatan listing kapan saja. Tuh kurang keren gimana aplikasinya.

Pencarian dan peringatan memungkinkan anggota memperoleh informasi terkini yang sesuai
Selain itu, kanal-kanal yang ada dibagian atas Rumah.com juga sangat memudahkan loh. Misalnya, kanal yang pertama "cari properti". Disana bisa dipilih sesuai kebutuhan. Beberapa pilihan antara lain properti dijual, properti di sewa, rumah baru di Indonesia, Real Estate komersial dan properti mancanegara. Hehehe pokoknya tinggal klik, semua tersedia sepertinya di Rumah.com ini. *elus-elus jari di mouse* ^_^

Kalau sekiranya masih membutuhkan lebih banyak informasi atau ingin berkomunikasi, di Rumah.com kita juga bisa memanfaatkan kanal "Cari Agen" untuk itu. Untuk agen itu tersedia informasi tempat agen bekerja, foto dan nomor kontak.

Lalu ada juga, fitur yang memungkinkan kita mencari agen dengan berdasarkan nama atau spesialisasi tertentu, misalnya spesialis area, properti tertentu. Bahkan ada spesialis dengan kemampuan bahasa yang bisa digunakan, demi kelancaran komunikasi dengan klien. Hmm lengkap kan.
Cari agen properti yang sesuai dengan spesialisasi kini jadi mudah 
Sesuai dengan kampanye terbaru Rumah.com yaitu "Satu Rumah untuk Indonesia"  maka Rumah.com menyediakan daftar semua jenis rumah, demi memenuhi kebutuhan properti berbeda dari masyarakat Indonesia. Semuanya dibawah satu atap. Hebat ya!

Ini beberapa keunggulan Rumah.com diantara para kompetitor, antara lain :
  • Lebih dari 300 ribu daftar properti, yang diperbarui tiap 90 hari. Jadi setiap pengungjung website, termasuk dari aplikasi mobile dapat melihat kabar properti terbaru yang dijual atau disewakan.
  • Menyediakan sumber dan berita terkini mengenai properti agar pembaca dapat memperoleh informasi yang tepat saat menentukan pembelian atau penyewaan properti. Yang bisa diakses di kanal "Berita Properti" dan "Referensi".
Lebih mudah lagi, sekarang akses Rumah.com tidak harus selalu menghadap komputer atau notebook loh, sudah bisa diakses melalui aplikasi mobile Rumah.com atau melalui iPhone App dan Android App
Semoga dengan Rumah.com gak ada lagi istilah susah cari rumah (dok.pribadi)
Jadi gak salah donk ya, kalau teman saya akhirnya memilih Rumah.com. Kisah selanjutnya, tentu berakhir bahagia. Teman saya berhasil menemukan rumah impiannya dan sekarang sudah tinggal disana selama beberapa waktu. Alhamdulilah.

Nah, ketika adik ipar saya sekarang sedang pikir-pikir untuk mencari rumah, teman-teman pasti sudah tahu donk apa yang bakal saya sarankan? Yang pasti Rumah.com donk! Dijamin terhindar deh dari pengalaman ribet seperti saya dulu sewaktu mencari rumah :)

20 comments:

  1. ouw.. baru tau, ada lagi nih situs pencarian rumah. Alamat webnya pun simpel ya : Rumah.com Jadi pengen nyari rumah juga nih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneeeng deh dengernya..Semoga dimudahkan dan dilancarkan niatnya ya mba :)

      Delete
  2. Seneng yah ada resource kayak gini yg bisa bikin urusan ribet cari rumah jadi sedikit lbh mudah ^__~ nice info, mbak rin!

    ReplyDelete
  3. Yang paling penting ada aplikasinya nih
    jadi kalau pas lagi iseng bisa sambil dijalan
    kali aja nemu jodoh rumah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo mba Shinta, aplikasi dari Rumah.com dimanfaatkan :)

      Delete
  4. Tempo hari pas cari rumah aku juga sering bgt menyambangi rumah.cm ini Maaaak, emang sangat membantu sekali situs ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah ternyata mak Orin udah duluan tahunya dibanding aku. Alhamdulillah ya, terhindar dari ribet :)

      Delete
  5. yang bikin saya paling tertarik itu, fitur pencariannya. Kayaknya memudahkan. Saya mampir kesana, ah. Terima kasih infonya, ya :)

    ReplyDelete
  6. Saya tuh paling sering main ke rumah.com, Mba Rin, fiturnya yang responsive dan info akuratnya itu, bikin happy. Kebetulan sedang nyari rumah nih, ingin menetap di Bandung. Doakan segera dapat via rumah.com ini yaaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga dilancarkan dan dimudahkan niatnya ya mba Al. Terimakasih yaa :)

      Delete
  7. kalau jawanya ada istilah "pulung", kalau belum pulung susah dapet rumahnya. makasih share ttg rumah.com, bisa dicoba nih :) salam kenal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ada ya istilahnya. Saya baru tahu. Salam kenal kembali, terimakasih sudah mampir ya :)

      Delete
  8. huhuhu...andai tau dari dulu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya, semoga gak ada lagi yang ngalamin seperti saya dulu mba ^^

      Delete
  9. waah baru tau juga ternyata ada situs pencarian rumah :)
    terimakasih infonya bermanfaat sekali mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, seneng dengernya :) Semoga bermanfaat yaa.

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...