Pages

Tuesday 3 May 2016

Bagaimana Jika Jatuh Cinta Lagi Setelah Menikah?

"Rin, pernah ngalamin gak jatuh cinta lagi setelah nikah?" Sebuah pertanyaan yang bikin saya kaget diajukan seorang teman baru-baru ini. Pertanyaan tersebut membuat saya gelagapan. Apalagi ketika disusul pertanyaan, "Suamimu kira-kira pernah jatuh cinta lagi gak?

Dua pertanyaan mendadak itu membuat saya berpikir sebelum menjawab. Hmmmmm....


Jatuh cinta lagi setelah menikah (dok.pribadi) 


Jujur saja, saya tidak pernah tahu (atau mau tahu) apakah suami saya benar-benar pernah jatuh cinta lagi selama pernikahan kami yang tahun ini memasuki tahun ke -11. Saya pun selama ini tidak pernah merasa benar-benar jatuh cinta lagi pada seseorang.

Namun, pertanyaan itu yang kemudian membuat saya berpikir, bukankah jatuh cinta lagi sangat mungkin terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Toh setelah menikah, kita masih bersosialisasi sebagaimana saat lajang dulu, bertemu rekan kerja dan orang-orang lainnya. Hanya saja, ikatan pernikahan yang mengingatkan kita untuk menjaga hubungan atau perasaan secara khusus. Sudah ada seseorang yang berhak setelah kita sama-sama melalui ijab kabul atau prosesi pernikahan lainnya.

Lalu bagaimana jika suami atau istri jatuh cinta lagi?

Saya jadi teringat sebuah postingan yang pernah saya share di Facebook mengenai seorang istri yang ditinggalkan suaminya setelah mereka menjalani bertahun-tahun pernikahan dan memiliki tiga anak. Alasannya, suaminya jatuh cinta lagi dengan seorang perempuan muda berusia 26 tahun.

Tentu saja penampilan kami para istri yang sudah melahirkan beberapa kali, tidak bisa dibandingkan dengan para gadis belia itu. Saya sendiri sangat setuju dengan tulisan itu, untuk mengingatkan para suami terhadap perjuangan para ibu di rumah dengan beragam tugas, pengorbanan dan sebagainya. Saya yang termasuk memperlihatkan pada suami untuk dibaca.

Ada juga kisah mengenai seorang istri yang sedang hamil, kemudian dikhianati sang suami yang berkencan lagi dengan rekan kerjanya. Atau, seorang istri yang dikhianati oleh teman dekat dan suaminya. Atau, seorang istri yang mengeluh pria yang mendampinginya tak banyak berbagi ataupun berbicara tentang hatinya.

Meski bukan berarti hanya laki-laki yang bisa jatuh cinta setelah menikah, namun selama ini saya lebih jarang mendengar hal tersebut. Setidaknya yang benar-benar saya ketahui ceritanya nyata, bukan sekedar kisah di media online yang jarang ditemui.

Mengapa? Mengutip kalimat dalam lagu Iwan Fals.."Aku lelaki, bukan 'tuk dipilih". Maksudnya rin? Hehe maksudnya laki-laki merupakan kaum yang dipercaya oleh Allah SWT sebagai kepala keluarga dan pemimpin. Jadiiii...wanita akan mengikuti kemana kepala keluarga dan pemimpin melangkah. Jika para suami berubah haluan, maka habislah bahtera itu.

Hehe kakak seneng tuh digendong ayah sama Sandya (dok.pribadi)
Sebenarnya jatuh cinta sendiri merupakan hal alami yang dapat dirasakan siapa saja, termasuk pasangan yang sudah menikah. Hanya saja, tindakan atas nama cinta itu yang dapat menyebabkan selingkuh. Mulai dari keinginan berdekatan, bersentuhan dan lain-lain yang sudah dipahami oleh pasangan sudah menikah. Saya yakin semua pasangan menikah mengetahui bahwa hal itu merupakan dosa dan berbagai konsekuensi lain yang mengikuti.

Untuk saya pribadi, jatuh cinta lagi setelah menikah sangat mungkin saya alami. Yaitu jatuh cinta pada pria yang mendampingi saya selama 15 tahun lebih. Saya jatuh cinta tiap kali ia memegang tangan saya, saat kami akan menyeberang jalan. Saya jatuh cinta ketika ia meminta saya mengusap kepalanya yang lelah, dan meminta saya memijitnya. Saya jatuh cinta setiap kali melihatnya bermain dan tertawa lepas dengan anak-anak kami.

Ya jatuh cinta yang saya dan suami alami mungkin tak seromantis dulu. Ada saat kami tidak lagi bisa bebas menikmati menonton film di bioskop, karena terburu-buru pulang lantaran kakak sudah menelepon berkali-kali. Atau ketika sampai di rumah, maka kami akan tertawa-tawa dan sambil memanggil "hai orangtua," karena masing-masing hanya ingin rebahan setelah perjalananan melelahkan dari kantor dan saling membalurkan minyak kayu putih :D Mungkin ini semacam perubahan definisi "romantis" bagi kami yang sudah menjalani pernikahan lebih dari 10 tahun.

Jadi untuk saya, jatuh cinta lagi setelah menikah sangatlah mungkin. Namun, jatuh cinta yang berulang kali pada pasangan suami/istri yang memang telah kita pilih dan bersama selama perjalanan pernikahan.


30 comments:

  1. tema ini sangat sensitif ya, mak.
    pengennya komen panjang kali lebar, tapi biarlah cinta itu hanya kita yang tau definisinya bagaimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal aku mau loh baca komen panjang lebarnya, mak. Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  2. Aku juga jatuh cinta terus nih, secara ldr an gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah LDR itu tantangannya luar biasa, tp bisa bikin kangen ya

      Delete
  3. Udah tau deh rasanya. Semoga jatuh cinta laginya selalu pada orang yang tepat ya, biar rumah tangga nggak berantakan :D

    ReplyDelete
  4. uuuw sosweet nyaa kakak.. jadi pengen nikah 🙈

    ReplyDelete
  5. Saya hampir 10 tahun, berharap labggeng hinhga aki-aki dan nini nini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Saya juga selalu berdoa demikian mbak :)

      Delete
  6. pernikahan yang di atas 10 tahun emang rasanya perlu jatuh cinta lagi ya rin tapi pastinya sama lelaki yang emang sudah "halal " hehehe...soalnya kata orang tahun2 pernikahan segitu lagi banyak cobaan jadi jatuh cinta sama pasangan setelah menikah perlu....banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya memang harus seperti itu agar bisa langgeng

      Delete
  7. jatuh cinta lagi sama pasangan aja ya mbak :) Aman

    ReplyDelete
  8. kalau sudah nikah memang lebih tepat jatuh cinta lagi dengan pasangan kita. Karena akan lebih nyaman dan lebih menggetarkan ;)

    ReplyDelete
  9. Setujuuu mak, jatuh cinta lagi dari sudut pandang yang baik itu ya jatuh cinta sama pasangan karena udah "Susah romantis" hehe, mau sender2an dikit, di liatin anak, pengen usap-usap kepala suami aja udah ada yang ngiri mau di usap-usap juga.. pas ada kesempatan untuk romantis malah serasa jatuh cinta lagi yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi dibanyakin deh kesempatan berduanya mak

      Delete
  10. jatuh cintaaa lagi....pada tempatnya :)

    ReplyDelete
  11. Sepakat dengan endingnya jatuh cinta lagi pada laki-laki yang sama yg telah menjadi suami dan ayah dari anak-anak kita.

    ReplyDelete
  12. Masalah hati mgkn ga bisa diatur, yg penting masih pake logika, bisa kendalikan diri, hindarin yg mmg bs merusak rumah tangga (klo mmg niat utuh)

    ReplyDelete
  13. temenku aja sampe mau kenalan sama makwo ririn, *efek foto sok imuut sih :p*

    ReplyDelete
  14. Sweet banget Mba. Iya ya ... pasti akan ada yang berubah setelah menikah, lalu tahun tahun berlalu dan muncullah anak anak.

    Haduu, gimana ya nanti, kalau aku menikah? Semoga aku dan partner-ku nanti bisa terus menerus memperbaharui cinta kami hingga ajal memisahkan.

    Semoga Mba dan suami pun demikian. Aamiin ya rabbal alamin.

    ReplyDelete
  15. Saya sedang jatuh cinta lagi...pdhl sudah berkeluarga. Mungkin ini krn saya kagum saja ya.... saya tidak kenal scr pribadi sm seseorang tersebut. Dia trainer di slh satu pelatihan yg saya ikuti. Dan dia tidak berdomisili di indonesia. Jadi, biar sy nikmati sj ya perasaan ini, toh ga kenal, jd ga mungkin melangkah lbh jauh. Mungkin sy cuma lelah....hehehehe....mungkin satu dua hari perasaan ini akan hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setuju. Coba deh melakukan hobi atau jalan2 berdua saja dgn pasangan, supaya lelahnya hilang.

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...