Pages

Sunday 21 December 2014

Community Festival 2014, Ajang Kumpul Seru Komunitas dari Indosat

Kalau saya ditanya, seberapa penting arti teman-teman, hmm rasanya tiada jawaban selain "penting bangeett". Selain keluarga, teman-teman adalah sosok yang berperan dalam hidup saya.

Kebetulan sewaktu saya menonton televisi tadi, saya mendengar perkataan dari seorang penceramah yang mengingatkan saya tentang pentingnya teman. Ia mengatakan, jika kita ingin melihat diri kita di masa depan, maka lihat lah siapa teman-teman kita.

Ia mencontohkan, jika seseorang berteman dengan penjual minyak wangi, maka meski kita tidak menggunakan, akan ikut mencium wanginya. Demikian pula sebaliknya. Intinya, berteman akan menentukan kualitas diri kita.
 
Ajang kumpul komunitas paling seruu (dok.pribadi)
Saya sendiri sangat menyadari hal itu. Sewaktu saya kuliah di Bandung, teman-teman dekat saya termasuk yang modis dan suka dandan. Saya yang masih polos saat itu *eheem eeheem* mulai deh perhatiin pakaian apa yang tren dan menyesuaikan dengan pribadi saya. Lipstik dan bedak, gak ketinggalan donk di tas.

Memasuki dunia kerja di media harian, teman-teman saya sebagian cowok dan sebagian lagi para perempuan perkasa. Hahahaha acara dandan jadi hal luar biasa saat kerja. Setiap dandaan bisa jadi perhatian seluruh umat manusia di sekitar liputan, males banget deh! Alhasil, kemampuan berdandan dan modis saya menurun drastis hihihihi :D

Memang penting banget ya teman-teman itu. Betapa mereka akan berpengaruh terhadap hidup kita. Itu sebabnya tergabung bersama teman-teman yang berpikiran positif dan memiliki minat yang sama, menjadi sangat penting.

Saya pribadi setelah mulai menulis blog bergabung dengan sebuah komunitas blogger perempuan. Dari sana, wawasan dan kenalan saya dari kalangan blogger semakin bertambah. Dunia blogger dan dunia media yang pernah saya tekuni memang berbeda, namun masih banyak kesamaannya juga.

Koleksi teman2 dar Scooterhood. Kereeen ya (dok.pribadi)
Kebetulan komunitas blogger yang saya ikuti berpartisipasi dalam sebuah ajang seru untuk komunitas dari Indosat yatu Community Festival 2014. Acara ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2013 dan sangat sukses.

Saya memang tidak menghadiri Community Festival yang diselenggarakan pada tahun lalu, jadi penasaran banget, bagaimana sih Indosat bisa menghadirkan para komuntitas keren sekaligus membuatnya menjadi ajang yang seru?

Komunitas otomotif di bagian depan sebelah kanan dari gerbang (dok.pribadi)
Saking penasaran, saya berangkat sepagi mungkin dari rumah untuk ke Indosat Community Festival 2014 yang diselenggarakan hari Sabtu, tanggal 13 Desember 2014 di Parkir Selatan Senayan, Jakarta Selatan. Meskipun akhirnya sampainya, gak pagi-pagi juga sih hehehe. Saya tiba di lokasi acara sekitar pukul 11 siang. Langit cerah dan matahari mulai garang, bikin semangat deh!

Saat saya sampai, saya disambut dengan puluhan motor Vespa yang diparkir di depan pintu masuk. Warna warni motor itu sangat meriah. Kemudian saya baru tahu ternyata motor-motor itu adalah teman-teman dari komunitas Scooterhood yang pada hari itu mencatat rekor baru di Indonesia Book Of Record dalam kategori "Parkir Vespa Terbanyak diatas Atap Mall", yang dilakukan di lantasi 9, Sky Dining Plaza Semanggi. Sebelumnya, mereka berkeliling Jakarta. Waaah kereeen!

Senangnya dapet hadiah donk di booth KEB ^^ (dok.pribadi)
Masuk ke lokasi acara, sudah ramai dengan berbagai komunitas. Sesuai dengan tema “United Souls”, tidak salah jika festival komunitas ini kemudian menjadi ajang untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi. Zona terbagi menjadi Indosat Community (ICITY) Zone, Gadget, Automotive, Sports, Lifestyle hingga Creative Zone.

Saya melihat berbagai booth dari komunitas pecinta otomotif, gadget, sepak bola, blogger dan lain-lain. Setiap booth mencoba memperkenalkan komunitas mereka kepada pengunjung. Dan tentunya selain penjelasan, ada juga booth yang memberikan permainan dan hadiah. Hihihi bikin semangat deh pokoknya. Acara ini juga memungkinkan loh pengunjung yang tertarik untuk bergabung menjadi anggota. Interaksi antar komunitas disini juga sangat berguna untuk memperluas jaringan.

KOI produknya macem2 loh (dok.pribadi)
Di panggung yang terletak di tengah-tengah lokasi,dua orang MC memandu berbagai acara mulai dari lelang gadget terbaru, kaos jersey asli klub sepak bola Eropa juga ada kompetisi antar komunitas. Tapi, yang menarik juga Community Festival 2014, kedatangan beberapa artis kenamaan ibu kota seperti Ada Band, Wong Pitoe, The Rain, Rini Wulandari, Drive, Zigaz dan banyak lagi penampilan lain.

Booth pertama yang saya kunjungi adalah booth Kumpulan Emak Blogger, yang bersebelahan dengan booth ID Blog Network. Disana, para pengunjung yang penasaran boleh bertanya sepuas hati mengenai kegiatan dua komunitas keren tersebut. Ada hadiahnya juga loooh, jadi gak rugi main ke dua booth itu. Informasi dapet, hadiah juga dapet hehehe.

Tidak jauh dari sana, ada Komunitas Organik Indonesia. Terus terang, sebagai seorang yang berusaha hidup sehat, saya pribadi tertarik ingin tahu lebih banyak tentang produk-produk disana. Mulai dari produk makanan, minuman, sampai spray organik anti-nyamuk dan ada juga cairan organik yang bisa menghemat bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Asik gak sih?

Hehe seru foto2 supaya diterima jd anggota KFI tuuh (dok.pribadi)
Yang unik disini ada juga komunitas Djiphantom Indonesia untuk penggemar drone. Itu tuh benda yang bisa terbang untuk merekam dari atas. Hehe jadi sepanjang acara, saya sering lihat ke atas dan kelihatan deh tuh drone lagi muter-muter. Hihihi seru deh. 

Lalu ada komunitas Inter Club Indonesia dan beberapa komunitas pecinta sepak bola lain. Yang tak kalah seru disini adalah Komunitas Historia yang merupakan kumpulan pecinta sejarah dan Peri Kertas yang hasil karyanya super keren ditampilkan disana. 

Selain itu ada juga beberapa komunitas Indosat seperti KFI yaitu komunitas fotografi Indosat, ISAT Venturer dan lain-lain. Oh ya, saya disana saya mengunjungi booth Indosat Community (ICITY) Zone yang didalamnya ada Dompetku dan Cipika. Setelah daftar, saya diberikan voucher Cipika Rp 100 rb, kaos keren dan beberapa merchandise. Nyesel deh yang kemarin gak kesini.

Dapet voucher, kaos dan pin dari Cipika. Alhamdulillah (dok.pribadi)
Setelah makan siang, kembali deh saya dan beberapa teman muter-muter di acara Community Festival 2014. Eh di panggung mulai panas dengan penampilan kocak dari Wong Pitu. Candaan mereka berhasil menarik para pengunjung ke sekitar panggung dan tentunya yang dari luar lokasi, juga tertarik donk masuk ke sini.

Penampilan yang kemudian bikin heboh yaitu ketika Ada Band manggung. Lagu-lagu yang dibawakan Doni dan teman-teman mampu membuat histeris para pengunjung, hahaha termasuk para wanita berbagai usia yang berada disana. Berasa banget serunya acara Community Festival 2014 ini.

Ada Band bikin histeris wanita segala usia ^^ (dok.pribadi)
Tidak berapa lama, rintik hujan mulai mengguyur lokasi. Tapi beneran tidak menyurutkan keseruan disini. Hanya saja, ya masing-masing cari tempat berteduh deh. Kebetulan saya dan beberapa rekan dijadwalkan mengikuti konferensi pers yang diadakan oleh pihak Indosat.

Beberapa waktu menunggu, akhirnya dimulai deh konferensi pers. Dari pihak Indosat diwakili oleh Group Head Marketing & Communication Indosat, Toni Darusman. Ia mengatakan, dukungan Indosat terhadap Community Festival 2014  sebagai bukti komitmen penuh Indosat untuk komunitas. 

"Tak hanya kontribusi menciptakan Word Of Mouth terhadap brand/produk Indosat, komunitas adalah partner terbaik dalam pengembangan bisnis Indosat. Lebih dari 14 tahun kami membina hubungan baik, komunitas menjadi salah satu pembeda layanan kami,” ujarnya.

Waah pantas saja, komitmen terhadap komunitas yang dilakukan Indosat ini sudah terjalin lama dan bukan tindakan sesaat, buktinya sudah belasan tahun. 


Penyerahan penghargaan dari Indosat kepada komunitas Scooterhood (dok.pribadi)
Oh ya, acara ini juga tidak melupakan solidaritas terhadap kalangan kurang mampu. Indosat mengajak komunitas terlibat dalam donasi gerakan sosial Coin A Chance (CAC), yang tujuannya membuka kesempatan bagi anak-anak kurang beruntung untuk kembali bersekolah melalui kegiatan coin collecting tweets dengan hastag #CommunityFestival2014. Semakin banyak ngetwit, semakin besar donasi yang diberikan. Alhamdulillah saya sudah tweet sebanyak2nya, pak :)

Konferensi pers kemudian diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan rekor baru di Indonesia Book Of Record dari komunitas Scooterhood ke pihak Indosat. Selamat ya, semuanya kereeen!
Duuuh mba gak serem apa itu malah foto2 (dok.pribadi)
Keluar dari tempat konferensi pers itu kok ada apa ya, idiiiih kok ada zombie-zombie keliaran sih. Jangan gigit doonk! Eh ternyata gak ada yang nyamperin saya juga sih. Ternyata mereka temen-temen dari komunitas Indonesia Zombie Community. Make up-nya maksimal, kalo pas bukan di acara itu, kemungkinan besar saya akan segera lari sekencang-kencangnya hehehe.

Makin sore menjelang malam, bukan berarti Community Festival 2014 ini makin sepi pengunjung loh ya. Acara yang dijadwalnya hingga jam 10 malem ini, setelah pukul 7 justru makin rameeee. Penampilan beberapa artis ternama seperti Zigaz dan J-Rocks sepertinya banyak menarik pengunjung. Apalagi, di sana masih banyak teman-teman komunitas yang siap berbagi informasi dan hadiah.

Salah satu spot favorit saya. VW-nya orange, lucuuu bgt (dok.pribadi)
Masih menurut Toni Darusman, rencananya acara Community Festival ini akan kembali diadakan pada tahun-tahun yang akan datang. Semoga saja ya. Teman-teman yang belum berkesempatan datang kemarin, siap-siap saja menunggu tahun depan.

Sampai ketemu di Community Festival dari Indosat selanjutnya ya. Terus berkomunitas, terus menebar pikiran positif dan bermanfaat yaa.

14 comments:

  1. Yaaaah, tau gitu daku ke sana bareng mba Ririn cz pengen ke sana tp sendirian.

    ReplyDelete
  2. Seru bangettttt!!!
    Unforgettable :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bangeeetttt mba Ani, gak sabar nunggu acara ini lagi tahun depan :)

      Delete
  3. Selalu mendapatkan wawasan baru ketika main ke blog ini :) makasih yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Senang deh baca komentarnya, makasih yaa :)

      Delete
  4. saya malah belum pernah datang ke acara ini. Kyknya tahun depan saya mau datang :)

    ReplyDelete
  5. VWnya dibawa pulang? :)) Seru banget ya acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sayang VW-nya gak ada kuncinya mak, jadi gak bisa dibawa pulang :D

      Delete
  6. Ahhhhh, sayang sekali yaa ga dateng ke sini, baca ini jadi nyesel ga ikut kesini. Mudah2an tahun depan

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Insya Allah tahun depan kita seru2an bareng yaa :)

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...