Pages

Wednesday 11 June 2014

Sinergi Parodontax dan Blogger Mengedukasi Masyarakat tentang Kesehatan Gusi

Perkembangan dan kemudahan teknologi berkat koneksi internet seakan-akan semakin banyak menghubungkan orang-orang antar belahan dunia. Sumber informasi yang hanya berjarak satu klik (one click away) berkat internet, sehingga mampu mengubah jaringan informasi dalam masyarakat.

Demikian juga mencaritahu hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan keluarga. Jika dulu, banyak yang mengandalkan media cetak untuk memperoleh informasi seperti Koran, tabloid, ataupun brosur dari rumah sakit. Maka kini internet mempermudah pengumpulan informasi tersebut.


Selain memperluas kiprah media konvensional yang kini semakin banyak mencoba meraih pembaca melalui situs web, hal ini juga mendorong semakin terbukanya kesempatan berbagi dari para penulis yang mengusung nama pribadi di blog alias blogger.
Wuiiih kalo blogger perempuan ini udah ngumpul, ngalah2in rapat kabinet deh (dok.pribadi)
Komunitas blogger pun semakin menjamur. Tujuannya antara lain, saling mendukung dan memperluas jaringan. Untuk saya sih, hal itu banyak positifnya, sebab saya percaya segala sesuatu akan lebih mudah jika dilakukan bersama-sama dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama.

Salah satu komunitas blogger yang saya ikuti kemarin yang berisi emak-emak keren dan penuh prestasi (eheem ^_^), beberapa waktu lalu mengundang ke sebuah acara mengenai kesehatan gusi yang digelar oleh produsen pasta gigi, Parodontax.


Saya semangat sekali, sebab selain bisa kopi darat dengan para blogger juga sekaligus menambah ilmu. Apalagi waktu dan tempat pelaksanaan mendukung sekali.


Acaranya belum mulai, tapi udah rameee. Lihat aja mak Echa yang sadar kamera :D (dok.pribadi)
Acara yang digelar di lantai 2, Hongkong Café di Jl. Sunda, Jakarta Pusat itu dijadwalkan dimulai pukul 11.00 WIB. Saya datang sekitar 5 menit sebelum pukul 11, dan langsung naik ke lantai 2, setelah bertanya di lantai 1.

Tepat diatas tangga, sudah ada Mas Helmy yang menunggu meja dengan daftar tamu. Saya tandatangan dan diberikan materi untuk talkshow serta goodybag berupa tas kecil berisi payung dan dua produk Parodontax. Wah kebetulan memang di luar saat itu panas banget dan saya sedang tidak bawa payung. Alhamdulillah.

Eh tapi apa senengnya saya itu dipengaruhi juga oleh harum ruangan tempat acara ya. Memang sih yang datang saat itu kebanyakan perempuan, tapi masa iya sih harumnya disesuaikan, soalnya harumnya itu feminin banget dan untuk saya sih sangat bisa mempengaruhi mood, jadi seneng gitu. Apalagi, kami juga disuguhi dengan beberapa camilan serta minuman sambil menunggu acara dimulai.

Mba Desy Bachir, Mba Nina, Mba Amanda dan Drg Sandra. Semua kereeen (dok.pribadi)
Tak perlu menunggu terlalu lama, kemudian acaranya dimulai dan terlihat sangat profesional dengan mengundang narasumber yang berkompeten antara lain Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si, alias Mba Nina, juga drg Sandra Olivia MARS, Sp Perio dan Amanda Asfiardi, Assistant Brand Manager Parodontax GlaxoSmithKline Oral Health Care yang dipandu oleh MC yang handal, Desy Bachir.

Saya pribadi sangat mengapresiasi kegiatan dari Parodontax tersebut. Acara untuk para blogger memang kini semakin banyak diadakan, namun tidak jarang acara tersebut mengecewakan. Jujur saja, saat itu saya merasa diperlakukan dengan sangat baik sebagai tamu undangan.

Mak Icha dari Kumpulan Emak Blogger sedang berbagi mengenai pengalamannya (dok.pribadi)
Jika ada anggapan, pertanyaan dari blogger itu tidak terlalu "berat" dibandingkan para wartawan dalam talk show atau forum diskusi atau banyak yang malu-malu, maka sebaiknya berpikir ulang. Pertanyaan dari para blogger perempuan ini tak kalah berbobot loh, dan sebagian besar berebut untuk bertanya. Meski sebagian besar bertanya berdasarkan pengalaman, namun para narasumber, Mba Nina dan drg Sandra sampai kewalahan dengan pertanyaan para blogger ini loh.

Contohnya, Mak Icha dari Kumpulan Emak Blogger yang bertanya kepada Mba Nina mengenai mengenali tanda-tanda psikologis yang seringkali berefek kepada tubuh. Mak Icha mengaku seringkali mengalami tanda-tanda seperti kepala pusing ataupun sakit perut ketika putra-putrinya menghadapi ujian, atau ketika mereka akan pergi di luar pengawasan.

Psikolog anak, Mba Nina yang hobi bagi2 pengalaman dan ilmu (dok.pribadi)    
Yang kemudian dijawab Mba Nina, hal yang dialami Mak Icha harus ditelusuri lebih lanjut. Daripada minum obat yang tidak perlu, sebaiknya mengetahui sumber penyebabnya. Jika pusing atau sakit perut itu karena kecemasan, lebih baik menenangkan diri dan melakukan hal yang dapat meyakinkan diri bahwa anak-anak kita baik-baik saja.

Kemudian, disusul oleh drg Sandra yang mengungkapkan mengenai alarm tubuh yang harus diwaspadai antara lain seringkali ditunjukkan oleh mulut, antara lain gusi dan gigi. Terutama, mengingat mulut bagaikan jendela untuk segala sesuatu masuk ke dalam tubuh. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai permasalahan gusi dan tips-tips memelihara kesehatan keluarga dalam posting berikutnya *menyusul yaa* ^_^

Oh ya, blogger sekarang itu canggih-canggih pake banget loh. Ini contohnya, mak Fadlun yang tetap online selama mendengarkan diskusi. Update di Twitter tentang diskusi ini. Aah kurang keren apa coba para blogger perempuan ini.

Mak Fadlun alias juragan cireng dari Kumpulan Emak Blogger ini tetep online sambil dengerin, jempol mak (dok.pribadi)
Terakhir, ada Mba Amanda yang cantik dari Parodontax yang bercerita lebih lanjut mengenai produk yang diklaim sebagai salah satu produk terbaik untuk perawatan gusi. Kepedulian Parodontax terhadap masyarakat, termasuk dengan usahanya membangkitkan kesadaran terhadap kesehatan gusi dan gigi ini, perlu diapresiasi.

Parodontax berusaha mendatangi berbagai lapisan masyarakat agar pesan mereka sampai dengan tepat dan luas. Para blogger perempuan ini juga termasuk diantaranya, mengingat ibu merupakan salah satu figur yang menentukan dalam keluarga, antara lain dalam menjaga kesehatan keluarga.

"Kita bekerjasama dengan pihak-pihak berkompeten, seperti asosiasi dokter gigi dan mulut, dokter gigi, parodonsia bersama-sama mengedukasi masyarakat. Juga dengan para bidan, untuk aware dengan masalah gusi, dan komunikasi langsung dengan masyarakat," kata Mba Amanda.

Menurut dia, masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang masalah gusi. Jadi, ini merupakan salah satu kontribusi mereka untuk masyarakat.

"Kita mengundang teman-teman blogger untuk menyebarkan informasi ini. Itu sebabnya kita mengundang banyak ibu-ibu, Mama-mama blogger, karena menurut kami, ibu itu penting sekali karena dia sebagai pelindung. Memberikan pengaruh bagi anak dan keluarga," jelas dara cantik itu.

Saat ini, lanjut dia, tercatat 40% orang terkoneksi secara online, bahkan di negara maju sudah 100%. "Teman-teman blogger ini aktif sharing, sehingga edukasi lebih maksimal. Jadi, blogger ini memperingan tugas kita juga," katanya sambil memamerkan gigi putihnya. *tepok tangan untuk Parodontax*
Mba Amanda yang sukses menuai pujian dari para blogger. Cantik sih (dok.pribadi)
Kemudian, yang tak kalah penting pada akhir acara adalah foto-foto bareeeeng. Hehehe setelah berbagi informasi dalam forum yang seru, gak mungkin donk langsung bubar. Sebelum mengakhiri acara dan menyantap makan siang, seluruh peserta kita berfoto bersama donk.

Lihat donk senyumnya lebar-lebar, sepertinya antara senang dengan jamuan acara, kopi darat sesama blogger, dapat informasi baru tentang kesehatan gusi dan gigi serta ketemu para narasumber yang oke dan asik. Pokoknya, komplit plit deh.

Semoga tujuan Parodontax untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gusi semakin tinggi, jangan bosan-bosan berbagi dengan anggota masyarakat, termasuk dengan kami, para blogger. Salam sehat!

Para blogger perempuan serta pembicara dalam acara Parodontax (dokumentasi Parodontax)

*Alhamdulillah menang juara ke-2 Lomba Blogging Gusi Sehat Keluargaku bersama Parodontax






9 comments:

  1. Replies
    1. Lain kali harus ikutan juga mak :) Terimakasih udah mampir ya

      Delete
  2. Seru acaranya. Kapan kita kopdar, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru kopdarnya juga mak pit :) Yuuk kita emak2 yang di depok kopdaran

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. hahaha ada akuuuu yg narsis *loh

    ReplyDelete
  5. Aiihh seru kopdarnya ..
    Salam kenal sebelumnya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mak Oline :) Makasih udah mampir disini yaa

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...