Pages

Wednesday 13 February 2013

Horeee Adek Sudah Bisa Minum Susu Pake Sedotan!

Hehehe judul saya lebay ya teman-teman? Soalnya saya beneran surprise alias terkejut sendiri sewaktu anak saya yang kedua, Sandya yang umurnya 1 tahun 2 bulan, sudah bisa minum susu pake sedotan. Saya sendiri sih gak ngeh sebetulnya kapan anak-anak umumnya bisa minum pake sedotan.

Saya senang banget, karena berarti adek Sandya gak harus menggunakan dot. Loh emangnya pake dot kenapa? Saya mah bukan anti-dot, beneran deh. Tapi ini lantaran si kakak Aylaa yang sekarang umur 6 tahun blm jg bisa pisah dari botol dan dot (dan buluk alias bantal bayinya) kalau minum susu. Berbagai cara sudah dilakukan, tp blm berhasil juga :(

Memang waktu Kakak, saya ngasih ASI cuma sampe 7 bulan karena waktu itu saya masih ngantor dan minim pengetahuan, jd memang sudah dicampur sufor. Ditambah waktu itu Kakak dirawat di RS karena demam berdarah dan harus pake selang oksigen, jd ribet mau nyusu. AKhirnya, pulang dari RS, udah gak mau sama sekali nyusu ASI deh.

Itu sebabnya untuk adek Sandya ini saya bener bela2in untuk ASI full meskipun perjuangannya berat, bahkan saya lebih milih donor ASIP dari kakak ipar saya saat stok kurang, dibanding ngasi sufor yang sebenarnya jauh lebih gampang.

Perjuangan ibu2 yang keukeuh sama ASI memang tidak bisa dibilang ringan, tapi kalau melihat hasilnya sama anak yang jarang sakit, badannya kenceng dan gak terlalu gemuk, rasanya semua terbayar impas.

Saya sendiri milih untuk ngasih adek susu tambahan berupa susu UHT setelah usia 1 tahun lebih. Mulai dari disendokin, pake sippy cup dan akhirnya kemaren adek bisa pake sedotan..yeaay!!

Setelah saya ungkrak2 produk Pigeon MagMag punya adek yang dibeli waktu adek baru 2 bulan, saya baca lagi deh tuh kemasannya. Ternyata ada 4 step untuk penggunaannya. Step 1, pake nipple alias dot untuk bayi usia 3-6 bulan. Step 2, pake spout (sejenis sippy cup gitu deh) usia 6 bulan ke atas, Step 3 pake sedotan usia 9 bulan, dan step 4 atau yang terakhir pake trainer lid alias tutup gelas yang ada dua bolong kecil jadi air yang keluar gak terlalu banyak.

Kalo merujuk dari step2 tadi, sebenernya anak sudah bisa pake sedotan kurang lebih umur 9 bulan. Emang gitu ya? Saya sendiri sih blm pernah tanya2 ibu2 laen.

Eniwey, saya sih sudah sangat senang dan bahagia adek Sandya sudah bisa minum pake sedotan di usia 1 tahun lebih. Istilah kerennya sih, beyond my expectation :) Alhamdulillah.

Komen, pendapat dan berbagi pengalaman sangat diharapkan loh. Selamat beraktivitas.

2 comments:

  1. Ririn, apa kabar? wah dedek sandya udah besar ya...sehat-sehat terus ya Nak :)

    Iya Rin, menurut beberapa referensi yg aku baca sie memang umur 9bulanan memang sudah mulai diperkenalkan dengan sedotan..Kalau pengalamanku, kebetulan baby hana juga pake mag2 jadi sebelum umur 1 tahun alhamdulilah udah bisa pake sedotan..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah Sandya sehat, makasih tante Titi :)

    Wah ternyata aku yang ketinggalan berita soal sedotan itu yah. Pokoknya sebisa mungkin hindarin dot deh. Sekarang masih tinggal di Jepang ti? Hug and kiss untuk baby Hana yaa :*

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...