Pages

Friday 27 September 2013

Pilah-pilih Nama Blog, Antara Kreativitas dan Jati Diri

 (Sumber gambar: digitalareas.blogspot.com)

"Mbak, emang beneran suka pake daster ya?"

Itu pertanyaan salah satu teman saya di Facebook kemarin terkait dengan nama blog saya. Hehehe memang pertanyaan yang wajar sih, tapi tetap saja bikin saya nyengir.

Nah setelah membahas puisi esai yang lumayan berat, sepertinya asik juga kali ini saya bahas soal pemilihan nama blog.

Pernah dibahas kalau gak salah di salah satu artikel dari Kumpulan Emak Blogger atau akun Twitternya mengenai ini. Saya agak lupa. Tapi, yang saya tangkep, ada beberapa pilihan memberi nama blog.

Pertama, menggunakan nama pemilik blog. Pemberian nama blog seperti ini banyak dilakukan oleh blogger. Tapi, saya pribadi belum pernah dan belum pede hehehe :D

Kedua, pemberian blog berdasarkan minat. Misalnya soal travelling, ada kata2 travelnya atau soal masak memasak yang ada kata kuliner atau jajan atau makan, dan lain-lain.

Ketiga, ada juga pemberian nama blog dengan ciri khas atau yang sekiranya gampang diingat oleh pembacanya.Serta beberapaa pilihan pemberian nama blog lainnya.

Bagaimana saya memilih nama blog? Hihihi saya sendiri gak yakin saya pilih nama blog http://fromblazertodaster.blogspot.com/ dan blog berbahasa Inggris milik saya yaitu http://momsaroundglobe.wordpress.com/ tergantung dari pilihan nomor berapa di atas.

Kalau yang berbahasa Inggris saya buat tahun 2009 sewaktu di kelas pelatihan jurnalistik sebagai tugas perseorangan, maka blog saya yang satu lagi, saya buat sewaktu saya tidak bisa tidur dan sangat merindukan proses menulis karena saya sudah tidak lagi berkarir di kantor dan lebih banyak mendedikasikan diri untuk rumah tangga.

Untuk blog pertama memang kudu berbahasa Inggris, judul blog dan isinya. Bisa-bisa bingung mentor dan temen-temen saya yang berasal dari berbagai negara kalo saya pake bahasa Indonesia. Tapi, kok ya saya mikirnya tetep soal mom alias ibu alias emak ya. Disatukan dengan cita-cita luhur, hihihi pengen keliling duniaa, jadilah http://momsaroundglobe.wordpress.com/ soalnya kalo around the world itu pasti udah banyak banget yang pake.

Trus trus kenapa dipakenya moms, bukan mom? Dulu sih saya pengennya blog saya itu bisa sekalian jadi wadah emak2 yang sering jalan keliling dunia, jd bukan cerita saya aja gitu. Jadi saya tetap mempertahankan blog ini dalam bahasa Inggris.

Tapi, entah mengapa blog ini menjadi terlupakan oleh saya beberapa tahun terakhir. Bahkan saat saya membuat blog http://fromblazertodaster.blogspot.com/ saya bener-bener lupa kalau saya udah punya blog sebelumnya. Hehehe maklum awal2 dulu jd full time mother, kerjaan di rumah serta beberapa pekerjaan paruh waktu membuat saya kesulitan menyempatkan waktu menulis untuk kebutuhan pribadi.

Pada suatu malam, saya merasa gelisah, merasa terasing karena jarang bersosialisasi dengan teman sebagaimana dulu masih ngantor, ingin bercerita tapi kok bingung sama siapa. Akhirnya saya terpikir soal blog. Ah ya kenapa tidak saya tuliskan saja semua unek-unek saya.

Waktu itu saya pilih blazer karena saya masih teringat bagaimana saat saya bekerja, dan sebagian orang bekerja menggunakan blazer, meskipun saya sendiri jarang2 sih. Lalu karena terobsesi dengan akhirnya yang serupa yaitu er, saya pikir2, kalo blazer dipadankan dengan apa, dan daster pun jadi pilihan saya.

Ssstt..padahal nih daster saya jg gak banyak2 amat dan sebagian besar daster kaos. Sebab, suami saya tidak terlalu suka dengan penampilan saya pake daster, hehehe padahal pake daster itu rasanya nikmat ya, mak ^_^ Sehingga, jadilah nama blog saya yang dibuat tahun 2012 bernama  http://fromblazertodaster.blogspot.com/ hingga sekarang.

Punya dua blog saja, saya masih sering mangkir untuk update. Jadi belum kepikir tuh buat blog ketiga.

Jadi, apa alasan dibalik nama blog teman-teman?







2 comments:

  1. Saya kok gak pernah pilih pilih ya......asal comot aja..!.............
    http://serviceumrohmurah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. hehe asal comot yang pinter itu namanya. Makasih udah mampir ^^

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...