Pages

Monday 16 September 2013

Menang Luar Biasa, Belum Menang Terus Berusaha

sumber: bandarlampungkota.go.id

Alhamdulillah. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT atas segalanya hari ini, terutama dinobatkannya saya sebagai pemenang ke-2 dari lomba blog #10daysforASEAN yang diumumkan Aseanblogger hari ini (16/9). Tak ada kata yang rasanya mampu saya katakan lebih dari itu.

Untuk saya pribadi, kemenangan ini bagaikan pendongkrak semangat untuk menulis. Saya semakin menyadari, menulis adalah passion saya sebenarnya, menulis adalah dunia saya dan yang paling penting, menulis adalah bagian penting dalam hidup saya yang sangat dibutuhkan oleh jiwa saya.

Menulis untuk kepentingan orang lain (pembaca) merupakan salah satu hal yang sudah biasa saya lakukan, sejak saya memulai karir sebagai seorang jurnalis. Menulis berita dari hasil liputan yang kadang mulai dari pagi buta hingga tengah malam, kadang diawali perjalanan berjam-jam lamanya, diderai peluh karena sinar matahari yang menyengat, namun tak jarang diseling tawa bersama rekan-rekan seperjuangan dan senyum puas tatkala dapat memperoleh hasil wawancara dengan baik.

Kemudian, ketika anak-anak dan urusan rumah tangga semakin menuntut waktu dan perhatian, saya memutuskan untuk tak lagi bekerja di kantor dan melepas karir jurnalistik. Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk mengerjakan tulisan ataupun terjemahan secara paruh waktu. Yang perlu saya akui, bekerja dari rumah bukanlah sesuatu yang mudah.

Sebagaimana pembaca media ataupun redaktur saya dulu, tentu klien tidak ingin tahu betapa sulitnya saya menyediakan waktu beberapa jam untuk menulis ditengah rengekan si bungsu yang terus-terusan ingin menyusu ataupun ketika si Kakak ngambek karena ibunya dinilai tidak sayang lagi karena tidak punya waktu untuk dia, ataupun keluhan suami yang bilang, "Ibu sekarang sibuk ya?". Semua pekerjaan harus selesai dengan sempurna, tepat pada waktunya.

Demikian pula saat saya menulis untuk lomba blog #10daysforASEAN. Jika kemudian tulisan saya dianggap masuk kriteria sebagai pemenang, saya sangat bersyukur. Sebab, di balik tulisan tersebut, ada berbagai hal yang melatarinya, yang kadang membuat saya sempat ingin menyerah di tengah perjalanan penulisan selama 10 hari.

Jangan juga dikira saya selalu menjadi pemenang. Jauh dari itu. Sebelum pengumuman ini, saya sempat kecewa karena sama sekali tidak masuk finalis, apalagi menang di lomba penulisan blog salah satu kopi instan. Padahal saya sudah sangat berharap :( Tapi, nyatanya hal itu membawa manfaat. Saya menjadi terasah dan belajar dari blog-blog pemenangnya.

Memang saya sudah tidak asing dengan lomba-lomba penulisan semenjak jadi wartawan, beberapa kali juga saya berhasil menang. Awalnya, saya juga tidak menang. Kemudian, saya mencoba mempelajari teknik penulisan para pemenang. Mungkin karena tulisan saya dinilai memenuhi kriteria, ataupun lantaran media tempat saya bekerja. Entahlah.

Itu yang membuat partisipasi saya sebagai peserta lomba dengan membawa nama pribadi dalam blog, sungguh memiliki kesan yang berbeda.Kali ini tidak ada embel-embel nama media yang membuat saya memenuhi kriteria sebagai pemenang. Hanya nama saya, tulisan saya dan blog pribadi saya. Itu yang membuatnya semakin istimewa.

Saya masih ingat hadiah-hadiah yang saya peroleh dulu memang sudah ditentukan Allah SWT yang tepat  pada waktunya. Misalnya, sebuah lomba penulisan yang berhadiah uang tunai, sekitar satu bulan dari saat jatuh tempo saya harus membayar kontrak rumah dengan jumlah yang sama.

Kemenangan saya di lomba blog #10daysforASEAN yang diadakan Aseanblogger juga mungkin menandakan saya sudah harus mengganti ponsel yang sudah mulai dimakan umur ^_^

Jadi untuk rekan-rekan penulis, blogger dan siapa pun juga yang mengikuti kompetisi, lomba dalam bentuk apapun, jangan pernah menyerah. Saya jadi semakin memahami pepatah "Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda".

Jadi, siap untuk lomba berikutnya?







10 comments:

  1. Siappppp semangat terus yaaaaa :D

    ReplyDelete
  2. Wow, kereeen! Senang bisa mampir di blog ini, salam kenal ya, Mbak. Ingin belajar dari mu deh agar bisa menulis dengan baik. Boleh donk? :)

    Ah ya, congratulation ya, Mbak! Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Boleh banget, kita sama-sama belajar menulis yang baik ya mbak. Sukses juga yaa, makasiiih :)

      Delete
  3. Selamat atas kemenangannya ya :)
    Setuju! mengikuti kompetisi itu membuat kita terasah kemampuan menulis, apalagi jika membaca blog para pemenang.
    Salah satu keunggulan tulisan yaitu mampu mengolah data menjadi rangkaian kalimat sendiri, bukan asal copas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaapp!! makasih mak Indah, salam untuk para kru Aseanblogger yang super kereeen. Yang sakit, semoga cepet sembuh. semoga makin kreatif dan sehat selalu :)

      Delete
  4. Selamat Mak.. Wahh, keren banget tulisannya.. :D Saya juga pernah ikutan lomba, eh ga menang.. dan sekarang jadi menyarah begitu saja. Harus dicoba lagi ahh :D

    ReplyDelete
  5. makasiiih..jangan nyerah, ayo semangat nulis lagi, ikutan lomba lagi mak :)

    ReplyDelete
  6. siiippp..ok nih semangatnya bun ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...