Pages

Sunday 19 June 2016

Lactacyd Baby Meringankan Rasa Gatal di Kulit Saat Anak Terkena Flu Singapura

"Bu, anaknya harus dimandikan ya. Pakai Lactacyd baby yang warna biru," kata seorang dokter pada saya malam itu.

"Iya dok, ada di rumah. Tapi saya dengar anak-anak yang terkena flu singapura, tidak boleh dimandikan apalagi pakai sabun," jawab saya lagi. Kakak saya kemarin memang menelepon dan memberitahukan hal itu dari temannya.

"Wah salah itu bu, justru saat flu Singapura kulit harus dijaga tetap bersih. Tapi, jangan pakai sabun biasa," terang dokter lagi sambil menuliskan resep obat lain. Nyatanya Lactacyd Baby dengan PH 3-4 sangat tepat untuk flu singapura yang dialami anak-anak saya.

Sandya dengan Lactacyd Baby yang bantu meredakan gatal saat flu singapura (dok.pribadi)


Memang dulu saya pernah menggunakan Lactacyd Baby saat anak-anak masih bayi, namun rupanya saat anak-anak sudah berusia lebih besar, produk tersebut masih bisa dimanfaatkan.

Sebutlah takdir, tapi saya sungguh bersyukur bisa datang ke acara yang diadakan Lactacyd Baby bekerjasama dengan Mother & baby di Igor's Pastry & Cake di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Seakan saya sudah disiapkan untuk menghadapi flu Singapura yang dialami anak saya.


Sandya rajin deh ikut ibu ke acara ini. (dok.pribadi)
Awalnya, flu Singapura atau penyakit mulut kuku dan tangan ini menyerang anak sulung saya, sebelum akhirnya menyerang adiknya. Awalnya kakak demam hingga 39 derajat celcius dan pagi harinya saya bawa ke dokter. Saat itu kakak dianggap flu batuk biasa oleh dokter. Namun, pada sore dan malam, mulai timbul ruam-ruam merah di sekitar tangan dan kaki. Saya menganggap itu alergi obat, sehingga saya minta kakak menghentikan minum obat malam hingga pagi kembali ke dokter.

Rupanya setelah di dokter, kakak disebut mengalami Flu Singapura. Dokter memberikan beberapa obat tambahan dan meminta kakak untuk tidak keluar rumah sementara ini.

Tapi ternyata beberapa hari kemudian, adik yang berusia 4 tahun juga demam dan tidak lama keluar ruam-ruam merah di sekitar kaki dan tangan. Namun, rupanya ruam yang dialami adik jauh lebih banyak dan mengganggu, dibandingkan yang dirasakan kakak. Mungkin karena anak balita, daya tahan tubuhnya belum terbentuk sempurna.

Ruam merah pada flu singapura tampak banyak di sekitar tangan dan kaki anak saya (dok.pribadi)
Memang flu singapura sangat mudah menular dan sulit memisahkan dua kakak beradik itu di rumah. Dari dokter adik lah saya mendapat informasi lanjutan mengenai perlunya memandikan anak yang sakit flu Singapura. Memang dua anak saya, memiliki dokter langganan yang berbeda.

Salah satu hal yang mengganggu anak-anak saya saat flu singapura adalah rasa gatal atau tidak nyaman pada kulit. Tidak hanya berupa ruam, beberapa tampak seperti bintil berair di tangan dan kaki. Alhamdulillah anak saya tidak terlalu bermasalah di bagian mulut, sehingga makan dan minum masih mau saja.

Adik bahkan sampai susah berjalan, karena banyaknya ruam merah di sekitar telapak kaki. Jadi seringkali minta digendong. Sementara di telapak tangan, meski juga cukup banyak, namun adik masih bisa minum susu atau memegang mainan.


Untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman itu, saya kemudian memandikan anak-anak dua kali sehari dengan menggunakan Lactacyd baby. Kebetulan saya memperoleh keterangan dari dokter spesialis anak saat acara yaitu dr. Liem Hui Ling mengenai penggunaan Lactacyd baby.

  • Pertama, menyiapkan air mandi yang memiliki suhu hangat suam-suam kuku. 
  • Kedua, mencampurkan air mandi tersebut dengan 3-4 sendok teh Lactacyd Baby.
  • Ketiga, menyiramkan air campuran tersebut secara merata. Saya mengutamakan tangan dan kaki yang terkena ruam. Terakhir, membilasnya kembali dengan air bersih. 

Perlahan, setelah beberapa hari ruam merah di sekitar kaki dan tangan anak-anak saya semakin mengering. Anak-anak diupayakan terus mengonsumsi vitamin untuk membantu daya tahan tubuh dan makanan yang bergizi. Alhamdulillah saat ini kondisi keduanya sudah jauh lebih baik dan tidak mengeluh gatal lagi. 

Untuk tahu lebih lanjut mengenai Lactacyd Baby, follow dan like akun media sosialnya disini

Facebook : Lactacyd Baby
Twitter     : @BabyLactacyd

Terimakasih Lactacyd Baby sudah membantu membuat anak saya lebih nyaman saat sakit. Sepertinya sih Lactacyd Baby akan terus ada di rumah saya meski anak-anak sudah semakin besar. 

10 comments:

  1. Keponakan saya terkena flu singapur, sampai di rawat di RS, Mak. Wah, saya baru tahu kalo Lactacid baby bisa digunakan untuk flu singapur.
    Terima kasih, Mak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan dirawat karena dehidrasi mak. Anak2 kan gak mau makan minum kalo di mulut banyak seperti sariawan gitu. Anak2 saya sih banyaknya ruam di tangan sama kaki, mulut gak terlalu. Semoga cepet sembuh keponakannya ya mak.

      Delete
  2. Aduh itu kebayang gatalnya yah Mbak... kita aja yang sudah dewasa sering enggak tahan untuk ngegaruk apalagi anak-anak.

    ReplyDelete
  3. Wah aku sampe kenyang ditendang anak2 pas tidur, karena gatel banget itu

    ReplyDelete
  4. Anak sahabat aku ada yang pernah kena flu singapur ini, liatnya kasian banget karena usianya juga baru 9bulan. Rewel dan nangis terus, ditambah ngga mau makan juga. Kebayang repotnya kalo anak-anakku kena penyakit ini.

    Lactacyd ini udah direkomendasiin sama dokter artinya memang terbukti bagus ya teh. Selama ini, kalau anak-anak ada ruam di badannya, aku cuma mandiin pakai air aja, ngga pakai sabun. Ternyata malah boleh ya klo pakai lactaycd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak2ku yang udah gedean aja, masih rewel. Apalagi kalo masih kecil begitu. Dan aku juga sempet kaget pas dokter rekomendasiin Lactacyd baby. Soalnya denger dari kakakku gak boleh mandi, ternyata salah yaa.

      Delete
  5. Duh kasian banget ya si dedek. waktu itu tetanggaku juga kena flu singapore. persissss spt di foto ini bercak-bercaknya, memang ya LActacyd terpercaya, dokter saja sering ksh recomend untuk memakai Lactacyd baby ketika kulit bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah skrg sudah kering semua, dan tinggal mengelupas buat ganti kulit, tante. Iya lactacyd baby bantu bgt kmrn pas sedang sakit

      Delete
  6. baru ngeh flu singapura seperti itu, kasian liatnya, untung ada LactacydBaby ya mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lactacyd baby Bantu banget pas lagi gatel2 itu.

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...