Pages

Tuesday 28 June 2016

Andalan Bunda Cerdas Berbagi Kiat Sehat dan Cantik Selama Berpuasa

Tidak biasanya hari Sabtu, tanggal 25 Juni kemarin, saya sudah bersemangat sejak pagi. Padahal biasanya, males bangun cepat-cepat kalau weekend. Kenapa? Sebab saya akan bertemu para bunda dari Depok, dr.Nanny Djaya MS.Sp.GK dan juga Brand Ambassador produk P&G, Artika Sari Devi, dalam acara talkshow dengan tajuk "Kiat Cantik dan Sehat Selama Puasa". Acara yang diadakan oleh Andalan Bunda Cerdas (ABC) ini bertempat di  Gedung Da'wah MUI, Depok. Rupanya saya tidak salah, acara itu benar-benar sarat ilmu dan informasi yang berguna.

Artika Sari Devi bersama para bunda dari Depok dan sekitarnya (dok.pribadi)


Saat saya sampai di lokasi, sudah banyak para bunda yang berdatangan. Sebagian besar dari Depok, tapi ada juga kok dari daerah lain seperti Bogor atau Jakarta. Yang lebih seru lagi, hampir semua yang datang berpakaian merah loh. Hehe tapi ini gak ada hubungannya sama parpol yaa. Ada bunda yang matching pake warna merah dari ujung kepala sampai ujung kaki, tapi ada juga yang merahnya aksesoris doank. Pokoknya para bunda berbusaha merah hari itu benar-benar bikin heboh lokasi deh.


Para bunda yang siap menerima ilmu dan informasi dalam acara Andalan Bunda Cerdas (dok.pribadi)
Acara yang diadakan Andalan Bunda Cerdas merupakan kerjasama Alfamart dan P&G bersama dengan Tabloid Nyata sebagai  Media Partner, sebelumnya sukses dilaksanakan Aula Kelurahan Jakasampurna, Jl KH Noer Ali, Kalimalang Bekasi pada tanggal 19 Juni 2016.

Oh ya, para bunda kan tidak bisa dipisahkan dari anak-anak ya. Oleh karena itu, banyak anak-anak yang ikut pada acara ini. Sebagian para Ayah juga ada yang ikut loh untuk mendukung para bunda yang ingin dapat informasi. Bahkan saat para bunda masih menunggu acara mulai, anak-anak sudah heboh duluan di arena bermain yang disediakan di halaman depan gedung.


Playground untuk anak di lokasi acara ABC (dok.pribadi)
Sebelum membahas berbagi kiat sehat dan cantik selama berpuasa untuk para bunda, penasaran gak sih sama program Andalan Bunda Cerdas alias ABC? Nah saya punya informasinya nih, dijamin bermanfaat deh.

Berkenalan Lebih Dekat dengan ABC 

Setiap bunda tentunya ingin yang terbaik untuk keluarganya, termasuk saya. Tapi, bahkan bunda yang sering disebut super woman yang multitasking pun tekadang perlu mendapat bantuan. Untunglah kini ada progam kerjasama Alfamart dan P&G yang khusus dibuat untuk membantu bunda semakin cerdas mengurus rumah tangga. Sehingga membantu menjadi bunda, istri dan ibu rumah tangga yang sempurna.

Apa saja sih program ABC? Banyak donk. Sini sinii saya kasih tahu informasi lengkapnya :
  • Pertama, ada berbagai informasi, tips dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia si kecil. Ini kan bisa banget ya mendukung bunda supaya lebih cerdas.
  • Produk-produk berkualitas,termasuk informasi dari berbagai produk dari P&G yang banyak digunakan oleh saya dan para bunda lainnya.
  • Promo menarik dan hadiah. Tentunya ini sih favorit saya dan para bunde deh. Disini banyak sekali tawaran promo untuk produk di Alfamart dengan harga miring tentunya. Asik kan, bund?
Bagaimana cara ikutnya sih? Progam ABC ini juga ngerti kok para bunda yang cukup sibuk. Jadi ikutan progam ini juga mudah banget kok. Hanya cukup mengunjungi website Alfamartku, di http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/ lalu masukan no HP dan nanti akan mendapatkan SMS A-voucher berupa potongan harga produk P&G.

Andalan Bunda Cerdas mudah diakses melalui HP (screenshot Alfamartku.com)

Ada Tips Andalan dan Promo Andalan nih (screenshot Alfamartku.com)
Daftar disini, nanti akan dapat konfirmasi SMS (screenshot Alfamartku.com)
SMS yang saya terima setelah mendaftar (screenshot Alfamartku.com)

Jika sulit mengakses website, bisa juga kok melalui saluran telpon. Yaitu dengan menghubungi Call Center ABC 1500.959 dari telepon rumah atau tambahkan (021) kalau mau menghubungi dari HP. Kemudian tunggu pilihan dan tekan angka 4. Gampang kan?

Bunda Harus Tetap Sehat dan Cantik

Kiat-kiat yang diberikan dr Nanny selama talkshow agar para bunda tetap sehat dan cantik benar-benar mudah diaplikasikan loh. Pada awal perbincangan, dr Nanny menekankan pentingnya memerhatikan bahan makanan yang baik untuk buka puasa. Bahkan ada yang mengalami sakit maag, bahkan sampai harus di rawat di Rumah Sakit, jika bahan makanannya saat puasa tidak tepat.

"Ada dua hal yang harus diperhatikan dari bahan makanan saat puasa. Pertama, makanan harus dapat menahan lapar. Kedua, makanan dapat menambah cairan tubuh," katanya.

Untuk itu konsumsi sayuran dan buah yang mengandung air sangat penting. Beberapa diantaranya seperti pepaya, tomat, melon, jambu air yang mengandung air sekaligus vitamin sebagai antioksidan.

MC dan para narasumber, Artika Sari Devi dan dr Nanny (dok.pribadi)
Kalau untuk sumber karbohidrat, dr Nanny menyarankan konsumsi beras merah. Sebab, nasi itu bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Untuk yang belum terbiasa, bisa disiasati dengan kombinasi beras merah dengan beras putih.

"Untuk mengurangi rasa tidak enak dari beras merah, maka bisa direndam sekitar 10 menit sebelum dimasak bersama dengan beras putih," jelas dr. Nanny. Waaah bisa dicoba nih tipsnya.

Yang tidak kalah penting adalah membatasi makanan yang digoreng. Tempe dan tahu bisa dimasak semur atau sup. Makanan digoreng bisa membuat mengantuk pada saat berpuasa, karena tubuh bekerja lebih keras sehingga membutuhkan lebih banyak oksigen. Tapi, dr Nanny sih paham banget lah, kita banyak yang kebiasaan makan gorengan saat buka puasa.

"Kalau buka puasa, boleh lah makan 1-2 gorengan. Tapi, sebaiknya kalau sahur hindari makanan digoreng". Trus dokter Nanny juga bilang kalau mau konsumsi yang manis-manis saat berbuka, sebaiknya diganti gula pasir dengan pemanis alami seperti gula aren atau madu murni.

Siaaaappp bu dokter!

Nah sekarang bunda mana yang cukup tidur selama bulan puasa? Hehe jawabannya paling 1-2 bunda aja. Sebab, bulan puasa gini memang kurang tidur jadi masalah sehari-hari ya. Dr Nanny bilang sih itu jangan dijadikan kebiasaan. Sebab, tidur adalah kesempatan tubuh meregenerasi sel. Jadi kita bisa bangun dengan segar. Pantes ya kalau tidur kurang, badan jadi gak enak gitu.

Jam tidur yang cukup sekitar 6-7 jam per hari. Oiya dr Nanny bilang sih, kalau tidur malam kurang maka bisa loh diganti dengan tidur siang. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan, 30 menit tidur siang yang nyenyak sama dengan tidur malam 1,5 jam. *hiiiks kangen bobo siang*

Tuh bener kan kalo bunda pilih Pampers, keringnya lebih lama (dok.pribadi)
Buat para ibu yang masih punya bayi, masalah tidur ini sih memang jadi tantangan. Untuk itu, harus dikenali loh apa sih penyebab bayi terbangun malam. Bisa jadi karena haus, ruam popok atau rasa tidak nyaman seperti popok basah.

Brand Ambassador Pampers dari P&G, Artika Sari Devi mengatakan ia juga pernah kok mengalami hal yang sama. Apalagi dia memang memilih mengurus bayi sendiri bersama suami, jadi tidak pakai baby sitter. Hehe kirain kita-kita aja ya bun, ternyata Artika juga sama kok.

"Kalau saya membiasakan bayi dengan jam tidur saya. Jadi meskipun siang, saya matikan lampu dan gelapkan ruangan, sehingga bayi tidur," ucapnya.

Kemarin pun saya dan para bunda melihat percobaan, produk Pampers terbukti menahan cairan lebih banyak dibandingkan produk lainya. Apalagi lapisan aloe vera dari produk Pampers dapat menghindari ruam popok pada bayi.

Nah peran sebagai bunda, istri seringkali membuat kita jadi lupa mengurus diri sendiri. Setuju kan? Saya juga sih. Kadang-kadang, kepentingan pribadi ada di daftar terbawah setelah anggota keluarga lain. Kalau tiba-tiba mood anjlok dan uring-uringan, ada tips nih buat para bunda dari dr Nanny. Coba deh makan pisang. Kandungan serotoninnya bisa membuat otak merasa lebih rileks. Kalau bosan, bisa diselingi dengan makan cokelat. Tapi, jangan sering2 deh, kalau gak mau berat badan makin nambah hehe :)

Saya sudah tampak cantik dan sehat saat berpuasa kaaan :D (dok.pribadi)
Sebelum acara selesai, ada lomba menarik loh untuk para bunda berkreasi yaitu lomba menata jilbab yang paling menarik. Ada tiga kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 orang peserta. Pokoknya peserta dan penonton sama-sama heboh. Masing-masing mencoba menyemangati peserta jagoannya.

Sampai kemudian Artika menentukan pemenangnya karena penataan jilbab yang unik. Semua peserta dapat hadiah dan foto-foto dengan Artika. Hahaha ini bisa lebih heboh lagi, ditambah dengan kuis penutup yang berhadiah voucher Alfamart dipandu oleh MC. Tapi yang gak menang kuis pun, pasti dapat goodie bag yang banyak banget produk yang bisa dimanfaatkan bunda di rumah.

Tuh bener kan kata saya, banyak banget ilmu dan informasi serta aktivitas yang berguna dalam talkshow Kiat Cantik & Sehat Selama Berpuasa yang diadakan Andalan Bunda Sehat, yang bisa bikin para bunda makin cerdas. Yuk dipraktekkan semua tips dari dr Nanny dan Artika, trus jangan lupa kunjungi website Alfamartku.com untuk tips lain dan informasi promo menarik.

6 comments:

  1. sepertinya seru yaa bun acaranya :D

    www.rusydinat.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bangettt. Insya Allah segera kunjungan balik yaa.

      Delete
  2. puasa itu mempercantik batin,
    tapi kita tdk lupa hrs mempercantik lahir juga,
    terima kasih kiatnya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. SEmoga kita semua bisa cantik batin dan lahir juga ya mbak.

      Delete
  3. Baru tau aku mba klo gorengan bisa bikin ngantuk. Makanya ya klo pas tarawih sering ngantuk, makan gorengannya kebanyakan hahahaa..
    Catet juga ah yg pisang dan coklat itu, tips ampuh menyelamatkan suasana keluarga dari bunda uring2an ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama mbak Uniek, tiap buka puasa ya gorengan gak bisa lepas. Skrg sih coba dibatasin :D

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...