Pages

Sunday 14 September 2014

Mengelola Keuangan Keluarga: Saatnya Asuransi Pendidikan Jadi Pilihan!


Aylaa bersama Ibu dan Sandya saat wisuda TK. Ayah sedang kerja, jadi gak ikut foto deh (dok.pribadi)
Setiap orang tua pasti setuju bahwa pendidikan mempunyai peranan besar terhadap masa depan anak-anaknya. Demi mendapatkan pendidikan yang terbaik, menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan yang terbaik sampai ke jenjang tertinggi, bisa menjadi salah satu cara agar si anak mampu mandiri secara personal maupun finansial nantinya.

Itu sebabnya saya sebagai orangtua dari dua anak, menganggap pendidikan sebagai salah satu perhatian utama dalam mengelola keuangan keluarga. Pengeluaran untuk pendidikan, bukan sesuatu yang bisa dikesampingkan atau ditunda-tunda. Bukan apa-apa, biaya untuk pendidikan saat ini bisa dikatakan tidak murah. Apalagi, jika memilih sekolah swasta.

Berbagai pertimbangan membuat saya dan suami memutuskan anak pertama kami, Aylaa untuk bersekolah di sebuah sekolah swasta. Konsekuensinya, biaya yang harus kami keluarkan untuk itu menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan sekolah negeri yang notabene mendapat dukungan dari pemerintah.

Saat ini Aylaa duduk di kelas tiga, artinya dalam tiga tahun mendatang, akan masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara adiknya, Sandya, saat ini hampir berusia 3 tahun, artinya tahun depan saya bersiap untuk memasukkan ke Taman Kanak-kanak, dan dua tahun mendatang, masuk SD.

Nah, itu juga berarti, tiga tahun mendatang, kedua anak saya akan memasuki jenjang pendidikan yang baru. Hmmm biaya yang dibutuhkan tentu tak sedikit bukan?

Aylaa bersama teman sekelas dan guru-guru tercinta (Foto: Azizah)
Tapi, sepertinya saya tak sendiri. Setiap pergantian tahun ajaran rasanya tak sedikit orang tua yang dihadapkan pada masalah biaya pendidikan. Terlebih bila ada anak-anak harus masuk sekolah baru dengan jenjang pendidikan lebih tinggi, maka harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam.

Beberapa contoh yang saya temui, tak lepas dari permasalahan ini. Seorang ibu dari tiga orang anak, sebut saja namanya,Anti, seorang karyawan bank swasta ternama di Indonesia. Meskipun sang suami, seorang wiraswasta, tetap saja setiap pergantian tahun ajaran baru kerap kali membuatnya bingung.

“Memang kita sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak. Tetap saja, biaya yang kita siapkan seringkali tidak mencukupi. Apalagi, biaya sekolah makin tinggi setiap tahun,” keluh Anti.

Salah seorang rekan saya yang tergolong memiliki kemampuan finansial yang cukup, Rina mengungkapkan bahwa ia membuka tabungan pendidikan untuk anak semata wayangnya yang berusia lima tahun, pada salah satu bank swasta di Indonesia. Ia mengaku telah menabung sejak putranya berusia satu tahun.

Awalnya, uang tersebut akan digunakan ketika anaknya masuk SD. Namun, Rina mengundurkan rencana menggunakan dana tabungan tersebut hingga masuk SMP. “Rencananya dana itu akan saya gunakan untuk masuk SMP saja. Selain itu, rencananya saya juga akan ikut salah satu asuransi pendidikan,” ujarnya.

Saya dan orangtua seperti Anti dan Rina, kini memang banyak memperoleh informasi mengenai berbagai produk investasi bagi orangtua yang ingin menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anaknya. Ada dua jenis secara umum yaitu tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan.

Di sekolah, kakak Aylaa ikut kegiatan ekstrakurikuler menari (dok.pribadi)
Pada sebuah wawancara saya dengan seorang perencana keuangan ternama beberapa waktu silam, saya memperoleh penjelasan yang lumayan lengkap. Disebutkan, tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebuah investasi yang khusus dipersiapkan untuk mencukup biaya pendidikannya nanti.

Jika tabungan pendidikan, tak berbeda dengan tabungan pada umumnya. Hanya saja, tabungan ini biasanya tidak bisa diambil sewaktu-waktu, namun sesuai dengan kesepakatan awal untuk jangka waktu. Misalnya, orangtua menabung untuk 1 tahun atau 3 tahun dst. Biasanya, bunga yang ditawarkan juga sedikit lebih tinggi dari tabungan biasa.

Untuk asuransi pendidikan, ia menjelaskan, pada dasarnya sesuai dengan produk dasarnya asuransi. Yaitu lebih tepatnya asuransi jiwa, maka asuransi pendidikan ini sebetulnya tidak berbeda jauh dengan produk asuransi jiwa lainnya. Program yang akan memberikan manfaat jika terjadi risiko kematian.

Manfaat yang diterima biasanya adalah santunan dan hasil investasi untuk biaya pendidikan. Namun jika tidak terjadi risiko kematian, maka asuransi akan memberikan sejumlah beasiswa pendidikan yang tidak lain berasal dari investasi berupa premi yang sudah dibayarkan.

“Salah satu keuntungan dari asuransi pendidikan ialah hasil investasi yang relatif lebih tinggi dari tabungan,” ujarnya. 

Bantu Tentukan Target

Saya semakin tertarik mengenal asuransi pendidikan. Rupanya, asuransi jenis ini juga dapat membantu orangtua mencapai target biaya yang dibutuhkan. Tapi bagamana caranya?

Pertama, tentukan biaya yang diperkirakan akan dibutuhkan anak ketika masuk ke tingkat sekolah tertentu. Misalnya, anak akan masuk SD, SMP, SMU dan seterusnya. Jika angka perkiraan sudah ada, maka bisa ditentukan premi yang harus dibayar orangtua. Saya yakin untuk premi ini, para agen asuransi akan dengan senang hati membantu.

“Yang seringkali dilupakan orangtua ialah perbedaan biaya sekolah akan berbeda pada 10-20 tahun mendatang. Jadi harus diperhitungkan juga kenaikan biaya sekolah setiap tahunnya,” jelas konsultan keuangan itu.

Saya saat wisuda Sarjana :) Tentunya saya ingin anak-anak pendidikannya lebih tinggi (dok.pribadi)
Misalnya, jika saya ingin menyiapkan biaya untuk anak saya Aylaa untuk masuk SMP, maka harus menghitung perkiraan biaya tiga tahun mendatang. Jangan kaget, jika peningkatan biaya masuk sekolah setiap tahun bisa naik lebih dari 10%. Jadi, kalau mempersiapkan biaya untuk tiga tahun yang akan datang, berarti harus lebih tinggi sekitar 30% dari biaya saat ini. Hmmm bagaimana mempersiapkan untuk Aylaa kuliah nanti yaa -__-

Tapiiii, saya juga kemudian juga diingatkan bahwa sebagai produk asuransi, maka asuransi pendidikan adalah investasi ini tidak bisa dicairkan setiap saat. Investasi ini baru bisa dicairkan dengan dua kondisi. Pertama, yaitu apabila telah jatuh tempo, dan yang kedua yaitu jika terjadi risiko kematian. Jatuh temponya sendiri bisa diatur dan disesuaikan dengan jadwal pendidikan anak-anak, agar anak masuk sekolah, pas uangnya cair. Mudah kan?

Memilih dengan Tepat

Sebagai orangtua zaman digital, internet tentunya menjadi salah satu tempat saya menimba berbagai informasi. Dari sana, saya memperoleh beragam informasi. Situs web PT Sun Life Finansial Indonesia adalah salah satu yang menarik perhatian saya karena menawarkan beragam asuransi pendidikan.

Dari kanal-kanal yang tersedia, saya kemudian memilih kanal Produk dan Layanan kemudian memilih Bancassurance Tapi, apa yang dimaksud Bancassurance ya?

Dari sana saya mengetahui bahwa Bancassurance adalah bentuk kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi di mana perusahaan asuransi menggunakan saluran penjualan bank untuk menjual produk-produk asuransinya. Produk asuransi yang ditawarkan adalah produk perlindungan sekaligus investasi untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang nasabah.

PT Sun Life Financial Indonesia menawarkan beragam produk bancassurance yang dirancang memenuhi kebutuhan nasabah seperti proteksi, investasi, perencanaan keuangan, dan menabung. Juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan investasi misalnya untuk dana pendidikan, tabungan, atau dana hari tua. Wah ketemu, dana pendidikan nih!

Perjalanan saya di situs web PT Sun Life Financial Indonesia kemudian membawa saya ke berbagai produk yang dapat digunakan untuk dana pendidikan. Jika Anda adalah salah satu customer dari bank tertentu, kabar gembira, PT Sun Life Financial Indonesia punya banyak kerjasama untuk produk bancassurance ini.

Ini beberapa bancassurance PT Sun Life Financial Indonesia untuk keperluan dana pendidikan yang bisa dipilih :  

  •  Scholar in Safe
Salah satu produk bancassurance untuk dana pendidikan (screenshot PT Sun Life Financial Indonesia)
Untuk Scholar in Safe, pembayaran Premi mulai dari Rp184.000 per bulan, selama 8 tahun saja
•    Pembayaran Tahapan untuk Dana Pendidikan SD, SMP, SMU hingga Universitas (sesuai plan yang dipilih).
•    Pilihan Dana Pendidikan mulai dari Rp25.000.000 hingga Rp100.000.000.
•    Total Manfaat yang diterima menjadi 2x lipat berupa 100% Uang Pertanggungan (UP) dan seluruh Tahapan untuk Dana Pendidikan yang dibayarkan sesuai jadwal apabila Tertanggung meninggal dunia bukan karena Kecelakaan.
•    Total Manfaat yang diterima menjadi 3x lipat berupa 200% Uang Pertanggungan (UP) dan seluruh Tahapan untuk Dana Pendidikan yang dibayarkan sesuai jadwal apabila Tertangung meninggal dunia karena Kecelakaan.  
  • Edu Care
Edu Care adalah program dari Sun Life Financial Indonesia bekerjasama dengan Standard Chartered Bank yang ditujukan untuk memberikan perlindungan diri bagi orang tua sekaligus memastikan tersedianya Dana Pendidikan bagi buah hati.
Dengan Edu Care, Anda akan memperoleh manfaat berikut:
•    Assurance Kepastian tersedianya Dana Pendidikan sesuai pilihan dan kebutuhan Anda.
•    200% Dana Pendidikan terdiri dari 100% Dana Pendidikan sebagai perlindungan asuransi jiwa dan 100% Dana Pendidikan akan diberikan ke ahli waris jika Tertanggung meninggal dunia.
•    100% Dana Pendidikan akan diberikan sesuai jadwal, jika tidak terjadi risiko meninggal dunia terhadap Tertanggung.

  • Junior Study Plan
Kerjasama BCA dan Sun Life Financial Indonesia mempersiapkan program Junior Study Plan khusus untuk Anda, pemegang Kartu Kredit BCA, dengan berbagai manfaat asuransi yang menarik yaitu:
•    Memastikan tersedianya Dana Pendidikan bagi buah hati Anda.
•    Memberikan Dana Pendidikan sebesar 200% dari Uang Pertanggungan sesuai jadwal pembayaran, jika tidak terjadi risiko meninggal dunia.
•    Total manfaat asuransi untuk dana pendidikan sebesar 300% dari Uang Pertanggungan yaitu terdiri dari 100% Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa dan 200% Uang Pertanggungan berupa Dana Pendidikan, akan dibayarkan sesuai jadwal kepada ahli waris, jika Tertanggung meninggal dunia.
  •   BNI Academy Cash
Produk bancassurance Sun Life bekerjasama dengan BNI untuk dana pendidikan (screenshot PT Sun Life Financial Indonesia
 BNI dan PT Sun Life Financial Indonesia menawarkan program Academy Cash yang memberikan Anda berbagai manfaat menarik, yaitu:
1.    Menyediakan Dana Pendidikan untuk jenjang SD, SMP, SMU hingga Universitas dengan waktu pembayaran yang disesuaikan dengan plan yang dipilih.
2.    Memberikan manfaat Dana Pendidikan, yaitu 100% Uang Pertanggungan (UP) Asuransi Jiwa apabila Tertanggung meninggal dunia ditambah 100% Dana Pendidikan berupa Tahapan sesuai jadwal.
  • Rencana Cerdas
Asuransi Rencana Cerdas merupakan program dari PT Sun Life Financial Indonesia yang ditujukan untuk memberikan perlindungan diri bagi orang tua sekaligus memastikan tersedianya Dana Pendidikan bagi buah hati

Dengan Asuransi Rencana Cerdas, anda akan memperoleh manfaat berikut:
•    Manfaat Kematian:
Jika Tertanggung (orang tua) meninggal dunia, 100% Uang Pertanggungan akan dibayarkan dan dibebaskan pembayaran premium di sisa tahun berjalan
•    Manfaat Dana Pendidikan/Manfaat Hidup:
100% UP (Dana Pendidikan) sebagaimana terjadwal jika tertanggung meninggal dunia

Waaah banyak kan pilihannya? Saya juga sedang siap-siap berdiskusi dengan suami mengenai pilihan-pilihan tersebut. Kalau masih penasaran, silakan langsung ke situs web PT Sun Life Financial Indonesia yaa :)


Tips Menyiapkan Dana Pendidikan

Saya dan suami selalu ingin yang terbaik untuk Aylaa dan Sandya (dok.pribadi)
Kok rasanya belum lengkap ya, kalau saya tidak membagikan tips menyiapkan dana pendidikan hasil ngobrol saya dengan konsultan keuangan yang sudah memberi beberapa informasi di atas. Begini nih kiat-kiatnya :

•    Sebelum  memutuskan  untuk berinvestasi pada tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan, pastikan terlebih dahulu tingkatan pendidikan yang akan dicapai. Hal itu terkait dengan dana yang dibutuhkan anak.
•    Kemudian, cari  informasi biaya pendidikan saat ini di sekolah yang ingin dituju. Hitung perkiraan biaya pendidikan yang dibutuhkan pada saat usia masuk anak, sesuai dengan tingkat inflasi yang berlaku.
•    Jika Anda memilih tabungan pendidikan, hitung perkiraan setoran bulanan dari biaya yang dibutuhkan. Usahakan untuk membuka satu tabungan pendidikan untuk setiap jenjang.
•    Berdasarkan karakteristiknya, tabungan pendidikan akan lebih cocok bagi orangtua yang ingin menyiapkan dana pendidikan dalam jangka pendek. Bagi orangtua yang memiliki penghasilan tidak tetap, dapat juga mengambil tabungan pendidikan saja karena bisa menambah setoran kapanpun juga sehingga hasil investasinya bisa lebih besar.
•    Untuk jangka panjang, asuransi pendidikan akan lebih sesuai. Hasil investasi bisa diharapkan lebih tinggi. Selain itu, pilihan berinvestasi di reksadana dapat dilakukan dengan pendapatan yang diiringi dengan risiko lebih besar.
•    Produk investasi lain seperti deposito dari perbankan atau emas dan sebidang tanah bisa dijadikan pilihan asal Anda menyesuaikannya dengan jangka waktu yang dibutuhkan.
•    Pilih  Bank, lembaga asuransi atau reksadana yang menyediakan berbagai keuntungan dan kemudahan.

Jadi, tunggu apa lagi? Manfaatkan asuransi pendidikan untuk menyiapkan dana pendidikan anak-anak kita yuuk :)

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Sun Anugerah Caraka 2014 (kategori blogger)



8 comments:

  1. Wah komplit Mak..
    Oh ini toh lomba blog yg anugerah caraka itu... hehehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yuuuk ikutan mak, DL tgl 30 september kok :)

      Delete
  2. huwaaaa, menarik ya asuransi sun life ini, saya mau yg syariahnya aja mak :) hehehe..btw goodluck ya mak, semoga harapannya terwujud aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Iya, kan sekarang sudah ada pilihan yang syariah juga mak, tergantung kebutuhan dan keinginan deh :)

      Delete
  3. Kelak lebih ringan untuk membiayai pendidikan anak2 ya, Mba. Bisa juga digubakan untuk kperluan lain kalau emang udah jtuh tempo. Hehehe.

    Tabungan trprogram macam ini cerdas banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, orangtua harus pinter2 mengelola keuangan dengan segala tawaran produk yang ada sekarang. Makasih udah mampir ya :)

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...