Pages

Friday 3 January 2014

Kunci Utama Menulis yang Sering Terlupa


sumber gambar: wisdomvocies.com

Assalamu'alaikum. Wah posting pertama di tahun 2014! Hehe baiklah, saya mau berbagi sedikit pendapat saya tentang menulis. Bukan, kali ini bukan tentang teknik menulis karena saya pun masih pas2an. Apalagi soal menulis fiksi, ampuuuun deh, kalo ini saya kudu banyak banyaaak belajar lagi.

Kali ini saya mau cerita mengenai sebuah pemikiran ketika saya sedang baca-baca buku dan kemudian blogwalking ke blog teman-teman.

Begini loh, sejak belajar menulis di media online, saya kok jadi sadar satu hal mengenai menulis yaitu the more you give, the more you get. Mungkin kalo terjemahan bebasnya, semakin banyak memberi maka akan semakin banyak menerima.

Sebenernya sih teori saya sederhana aja, orang akan membaca atau melakukan hal lainnya, terutama jika ia merasa akan mendapatkan manfaat dari itu.

Saat saya menulis berita di web, maka berita yang paling banyak dibaca dan dikomentari biasanya yang paling dekat berhubungan dengan masyarakat. Dengan topik yang sangat beragam, dari politik, ekonomi hingga gaya hidup.

Demikian juga ketika seseorang membaca buku.Misalnya, ketika saya membaca buku tentang travelling, maka biasanya yang dicari adalah petunjuk, budaya setempat, biaya yang dihabiskan dll yang bermanfaat yang diberikan oleh penulisnya. Atau, ketika membaca kisah-kisah inspratif, maka pembaca ingin memperoleh wawasan baru dari pengalaman penulisnya.

Hal itu kemudian kembali terlintas ketika saya menulis blog. Meski tampak sebagai topik yang remeh, namun siapa sangka posting saya mengenai adik Sandya mulai minum susu pake sedotan dalam posting "Horee Adek Sudah Bisa Minum Susu Pake Sedotan!", menjadi salah satu yang paling banyak dibaca.

Selain itu, tulisan saya saat mengikuti Akber Depok yaitu mengenai seputar tugas copywriter "Ngintip Kerjaan Copy Writer yuk" tiba-tiba pembacanya meroket setelah adanya kabar mengenai copy writer yang meninggal dunia karena kelelahan bekerja. Tapi, kalau ini sih mungkin kaitannya karena berita hangat yang mengundang penasaran, bukan semata-mata topiknya dekat dengan masyarakat.


Eniwey, memang menulis, terutama di blog, seringkali sangat mudah menjadi curhat pribadi. Saya juga kerap kali melakukannya.

Namun, kini saya jadi kembali memikirkan, dari tulisan ataupun curhat saya itu, setidaknya ada sesuatu yang dapat diperoleh pembaca, baik menjadi suatu ilmu, pengalaman, kisah menarik untuk diceritakan kembali, dsb.

Jadi, apa ya yang sudah saya bagi dalam tulisan ini? Hahaha semoga teman-teman pembaca memperoleh "sesuatu" yaa ^_^

Terakhir, saya ingin mengutip lagu "Will Be Yours" yang dulu dinyanyikan oleh Boyzone yang mengilhami saya malam ini :

The more you give, the more you get
Always try not to forget
So give it all away, hey
All that you want will be yours







2 comments:

  1. setuju mak, semakin banyak yg kita bagi melalui tulisan, insya Allah pasti semakin banyak ilmu dan pahala yg kita dapat pula ^^
    semangat ngeblog ya mak..

    ReplyDelete
  2. seringkali kita berpikirnya tulisan kita cuma curhat. Padahal sebetulnya buat yang membaca bermanfaat, ya :)

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...