Pages

Tuesday 3 February 2015

Janji Sukma

(Dok.pribadi)
Puji betik janji
Memagut asa
Binar sukma
Dirimu

(Jakarta, 3 Februari 2015)

Aiiih kenapa puisinya pendek banget? Hehe ini bukan sekedar puisi, tapi disebut Sonian yang diperkenalkan oleh Soni Farid Maulana. 

Tapi, apa bedanya Sonian dengan puisi lain? Sonian sangat ringkas, terdiri dari empat larik, dengan suku kata yang semakin meruncing dengan pola  6-5-4-3.

Saya pertama kali membaca Sonian dari blog mbak Ani Rostiani. Sungguh saya sendiri tidak menganggap diri saya penggemar puisi, namun ternyata anggapan itu makin memudar. Saya ternyata menyukainya. 

Termasuk ketika saya membaca mengenai Sonian. Tergelitik untuk mencobanya. Sebagaimana disebutkan Soni Farid Maulana mengapa bentuk Sonian seperti itu karena akan memperuncing dan memfokuskan pada satu hal yang ingin kita ekspresikan. Kalimat ringkas dengan makna luas.

Saya pribadi, suka bermain kata tanpa terlalu panjang lebar. Satu lagi yang saya suka saat membuat puisi yaitu membuat artinya menjadi multi-tafsir. Sehingga semakin banyak orang yang menikmatinya. 

8 comments:

  1. Selamat datang di Sonian, mak Ririn. Sonian-nya asik. Dan nulis sonian memang memiliki keasyikan tersendiri. Memilih diksi yang tepat dan menjaga keliaran emosi dalam pola yang ringkas.
    Bila mau, yuk gabung di grup sonian, ada di fb #sonian
    Terima kasih banyak atas apresiasinya, yaa ...

    Terima kasih banyak atas apresiasinya.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mak Ani. Seru ternyata ya buatnya. Oh ya, terimakasih juga sudah diinvite di grup FB Sonian. Karya teman2 disana keren-keren *4 jempol* :)

    ReplyDelete
  3. ooh itu namanya sonian, macam haiku ya mbak tapi polanya beda sip deh ilmu baru hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baca dan bikin puisi itu asyik. tapi ditambah aturan, jadi makin seru. Ayo dicoba mba Fit :)

      Delete
  4. Harus punya diksi yang banyak ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga kok mba Pit. Gak ada batasan penggunaan bahasa, aturan utama ya suku kata aja.

      Selain banyak baca, diksi juga bisa pakai layanan sinonim atau persamaan kata yang ada di internet juga loh..Ssstttt jgn bilang siapa2 yaa hehehe :D

      Delete
  5. Belum pernah bikin sonian mak, eh pertama tahu ttg sonian jg dari blog teh ani xixixi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba mak Irma, hehehe karena ada batasan, justru jadi harus lebih kreatif gitu. Makasih udah mampir ke sini yaa :)

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...