Pages

Thursday 20 November 2014

Udoctor untuk Konsultasi Dokter Langsung Terpercaya

Tampilan situs web Udoctor.co.id (screenshot Udoctor)
Sekitar dua minggu lalu saya merasa pusing, badan yang pegal-pegal dan rasa tidak enak. Saat saya berbicang dengan rekan, saya disarankan untuk cek darah.

"Jangan-jangan kolesterol tinggi tuh," kata rekan saya.

Alhasil, pulang dari kantor, saya langsung ke salah satu apotek yang sekaligus menyediakan cek darah. Sesampainya disana, saya cek sewaktu alias cek tanpa puasa untuk kolesterol dan asam urat.
Mengapa? Sebab sebelumnya juga saya pernah melakukan cek semacam itu dan keduanya hampir menyetuh batas maksimal :(

Petugas apotek pun mengeluarkan alat yang diperlukan. Kemudian dia menjentikkan ujung alat yang tajam seperti jarum ke ujung jari saya hingga keluar darah. Saya sih merem, suka ngeri lihat yang begitu hehehe.

Yang pertama keluar hasilnya adalah kolesterol sekitar dibawah ambang batas 200 yaitu 180.

"Normal kok bu," kata petugas perempuan berjilbab itu.

Kemudian, dari ujung jari saya yang masih mengeluarkan darah, dia mengambil sedikit sampel lagi untuk diukur pada alat pengukur asam urat.  Loh kok lama ya? Ternyata, hasil pengukuran asam urat saya agak tinggi yaitu 9,6 dari ambang batas 6 :((

"Pantas saja pegal-pegal bu, asam uratnya tinggi," ujar petugas apotek itu lagi.

Jujur saja, saya tidak menyangka asam urat saya setinggi itu. Apalagi, saya merasa sudah (berusaha) menerapkan pola makan sehat atau meminimalisir stres. Hanya saja, memang masih kurang dari sisi olahraga *ngaku iya ngaku, males bangun buat lari pagi*

Saya sempat diberi saran untuk mengonsumsi obat penurun asam urat, tapi nanti saja lah, saya pikir-pikir dulu. Apalagi, tanpa saran dokter, saya kok gak yakin ya.

Situs web Udoctor bisa diakses dimana dan kapan saja (screenshot Udoctor)
Beberapa hari lalu, melalui sebuah acara blogger, saya diperkenalkan mengenai situs web kesehatan dari PT Telkom Indonesia yaitu Udoctor.co.id Wah kebetulan nih. Memang sih sudah banyak sekali situs web tentang kesehatan, tapi situs web ini memancing penasaran saya tentang apa saja sih kelebihannya. Maka saya pun mencoba berkenalan donk, sebagaimana pepatah "tak kenal maka tak sayang" hehehe

Ok, mari mengupas situs web ini :
  • Setelah saya sampai ke situs web Udoctor.co.id maka langsung disuguhi laman berwarna dasar putih dengan beberapa cover photo yang berganti-ganti yang menginformasikan tentang web itu lebih lanjut.
  • Di sisi kanan bawah, muncul kotak LiveChat Udoctor. Jika ingin bertanya saat itu juga, bisa langsung isi kolom nama dan email, langsung bisa memulai percakapan deh. Nah percakapannya dengan siapa? Yang pasti dengan dokter donk. 
  • Saya mulai scrolling ke bawah, ada beberapa aplikasi seperti cek gejala penyakit, personal healthcare, dokter jaga, informasi kesehatan, tips dan gaya hidup sehat, dokter praktek, medical record, social media dan sharing pengalaman. Ada tiga aplikasi lain yang belum diaktifkan direktori kesehatan, toko online dan dokter keluarga (kapitas). Meski demikian, sudah tergolong cukup mengakomodir.
  • Kalau sudah begitu, scroll lagi ke atas, dibagian kanan ada login dan langsung dapat diisi login form untuk memperoleh manfaat yang disebutkan diatas tadi. Kalau masih penasaran, sebelum login, dibagian atas ada kok keterangan di kanal "Benefit" atau kalau perlu informasi lebih lanjut, ada di kanal  "Kontak kami" atau "Bantuan". 
  • Saat saya mendaftar dan sudah memiliki akun di Udoctor.co.id dan ternyata banyak yang bisa dilakukan disana. Selain ada konsultasi medis, catatan kesehatan, aplikasi seperti artikel kesehatan dan cek gejala penyakit, disana juga kita bisa membuat grup ataupun berinteraksi dengan anggota lain. Untuk konsultasi juga ada pilihan, dokter jaga atau dokter praktek, sekaligus ada appointment yang akan mengingatkan jika kita memiliki janji konsultasi dengan dokter praktek. 
Pendapat saya sih, sepertinya untuk fasilitas dan aplikasinya sudah cukup lengkap deh :) Sekarang saatnya mencoba! 

Konsultasi saya dengan Dr Rizky (screenshot Udoctor)

Nah sebagai seseorang yang punya masalah kesehatan seperti yang diatas tadi, saya pun berinisiatif bertanya donk. Menggunakan fitur Livechat Udoctor, kebetulan saat itu yang sedang bertugas adalah Dr Rizky Amelia. Hmmm memang tidak terlalu cepat sih di jawab, ada jeda beberapa waktu kemarin saat saya mencoba. Mungkin dokter sedang melakukan aktivitas penting saat itu.

Tapi, pertanyaan saya dijawab dengan jelas. Ya seperti disebutkan diatas. Dengan asam urat sekitar 9,6 sepertinya saya memang harus menyerah dengan minum obat sebagaimana yang disarankan Dr Rizky. Beliau juga mewanti-wanti saya untuk mengonsumsi obat tidak lebih dari 2 minggu, sebab jika demikian, harus melalui pengawasan dokter. Selain itu juga, saya disarankan untuk menyesuaikan pola makan. Ok deh, siap dok!


Artikel asam urat (screenshot Udoctor)
Lalu makanan apa saja yang harus saya hindari? Gampang kok, kan ada aplikasi informasi kesehatan, berupa artikel-artikel yang lengkap terpercaya. Untuk asam urat yang saya hadapi, saya menemukan dua artikel diatas, yaitu Diet Tepat Penderita Asam Urat dan Mencegah Asam Urat. Cukup lengkap karena memang langsung ditulis oleh dokter dan ada artikel dalam bentuk PDF yang dapat didownload untuk lebih jelasnya. Keren ah!

Info media sosial Udoctor (screenshot Udoctor)
Hari gini tanpa interaksi media sosial sepertinya gak lengkap ya? Nah pertanyaan juga bisa diajukan di Facebook Udoctor Indonesia atau Twitter UdoctorID

Hanya saja, pertanyaan dan jawaban di dua media sosial ini memang memang tidak ada privasi. Jadi ya bisa dibaca semua anggota fanpage, follower, ataupun orang yang mengunjungi laman tersebut. Ya kira-kira saja, apabila pertanyaan sekiranya tidak membutuhkan privasi, ya silakan saja gunakan media sosial. Tapi, jika sekiranya pertanyaan itu tidak untuk konsumsi umum, langsung saja kunjungi situs web Udoctor.co.id. Gak repot juga kok :)


Akun Facebook Udoctor Indonesia (screenshot Udoctor)
Kalau masih kurang jelas, bisa kok scroll lagi ke bagian bawah situs web Udoctor.co.id disana ada keterangan tentang Udoctor, Cara penggunaan, Ketentuan penggunaan khusus dan halaman topik khusus.

Nah kalau tanpa login sebagai anggota, kita hanya terbatas konsultasi di situs web Udoctor.co.id hanya melalui chatting, maka dengan menjadi anggota dapat konsultasi melalui Message, Chatting, Voice Call dan Video Call. Tuuh lengkap banget kaaaan :)

Informasi lengkap Udoctor (screenshot Udoctor)
Tapi, saran saya sih, lebih baik langsung jadi anggota dan banyak-banyak berinteraksi langsung di situs web Udoctor.co.id ataupun share artikel menarik di media sosial milik kita. Soalnya disana berlaku poin reward. trus poin itu nantinya bisa ditukar dengan berbagai macam hadiah menarik. Mulai dari gadget, rice cooker, blender, payung, jam tangan, payung, thumbler, flash disk, bantal lucu dan lain-lain. Semakin banyak poin terkumpul, berarti semakin besar peluang mendapatkan hadiah yang diinginkan.


Kumpulin poin biar dapat hadiahnya (screenshot Udoctor)
Hmm sip banget gak tuh, manfaatnya mulai dari konsultasi kesehatan, artikel bermanfaat sampai hadiah. Jadi siapa yang mau atau mau banget?

10 comments:

  1. setelah tanya dokter jadi kita tidak coba-coba membeli obat ya mbak

    ReplyDelete
  2. Aku juga baru aja cobain konsultasi ke udoctor. Asyik juga, ya.

    ReplyDelete
  3. lebih praktis, ga usah pake ongkos ya mak ;)

    *what asam urat ma ririn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe praktis pisan mak Nchie :) Asam urat? *tutup muka pake bantal* :D :D

      Delete
  4. Konsultasi dokter gratis dapat poin rewards juga mantap ya Mba :)

    ReplyDelete
  5. Happah? konsultasi gratis dapat reward? sayang, konsultasi pertama saya, kemarin belum daftar jadi member. Sekarang jadi tau deh, daftar dulu yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh lebih baik terlambat daripada gak sama sekali. Semoga udah daftar dan mendapat manfaat ya mba :)

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...