Pages

Thursday, 31 March 2016

Cara Mudah Belanja Aman Pakai MyCOD dari MyJNE

Apa yang membuat saya sering berbunga-bunga saat malam pulang kantor? Apalagi kalau bukan kiriman belanja online yang diantar pak kurir pada waktu siang atau sore hari ke rumah. Hehe rasanya penat dan capek langsung hilang deh. Selama ini, jika ada pilihan kurir untuk mengantar ke rumah, saya sering pilih JNE, karena selama ini Alhamdulillah saya tidak pernah kecewa dengan pelayanannya. Rupanya, sekarang ada aplikasi JNE yaitu MyJNE yang bisa bikin pengalaman belanja lebih mudah dan aman.

Asiik MyJNE di handphone sudah diaktivasi. Logonya saya udah kenal banget rasanya. 


Kedekatan saya dengan JNE sebenarnya berawal jauh-jauh hari duluuuu. Ceritanya sewaktu saya bekerja freelance yang lebih banyak di rumah, saya mencoba-coba untuk berjualan berbagai keperluan keluarga seperti saya pernah ceritakan disini. Setelah menjajaki dengan beberapa agen penjualan, saya pun mulailah mencoba berjualan secara online.

Meski kadang pembeli itu suka nanya2 detail banget trus batal beli atau nawarnya super tega, terus terang saya sih seneng-seneng aja jalaninnya saat itu. Jadi saya saat jadi pembeli sekarang, jarang mau nawar, sebab saya pernah ngalamin jadi penjual dulu hehehe :D Oh ya, setahu saja selama berada di dunia jual beli online, yang terbatas di media sosial, kejujuran itu jadi faktor utama. Beberapa kali bersliweran tuh, pembeli yang marah karena barangnya rusak, tidak kunjung sampai, bahkan ada yang jelas-jelas si penjualnya kabur dan menghapus kontak. Atau juga sebaliknya, penjual dirugikan karena sudah kirim barang tapi ternyata tidak kunjung terima pembayaran. Duuuh syeeereeem kan.

Itu sebabnya saat JNE mengeluarkan aplikasi MyJNE dengan fasilitas MyCOD bersama dengan fasilitas lainnya, ya saya seneng banget. Kenapa? Karena selain semakin memudahkan menggunakan jasa JNE, berarti berbelanja juga bisa semakin aman pakai MyCOD.

Oh ya, untuk menggunakan JNE Mobile ini pertama harus download dulu aplikasi JNE di playstore pada disini. Data yang diminta berupa Nama, No Hp dan Email. No hp diperlukan untuk menghubungkan aplikasi dengan data pengiriman, sementara email dibutuhkan pertama untuk konfirmasi aktivasi aplikasi. Nah apa saja sih fasilitas dari aplikasi yang disebut-sebut sebagai JNE Revolution ini?

Sini sini deh saya kupas satu-satu fasilitas yang bisa digunakan di aplikasi MyJNE.

  • Home. Pada halaman pertama aplikasi MyJNE ini kita bisa melakukan penelusuran nomor paket dan mengecek tarif. Jadi gak perlu tuh seperti saya dulu, mau cek tarif mengirim paket, harus menghidupkan laptop. Serba mudah ya.


Saya yg kurang gaul, fasilitas cek lokasi JNE penting banget

Fasilitas cek keberadaan paket dan tarif disini


  • JNE Nearby. Fasilitas ini gak kalah penting loh. Untuk mempermudah mengetahui dimana lokasi JNE terdekat. Kan gak lucu, kalau kita jauh-jauh ke JNE yang berkilo-kilo meter dari rumah, padahal ternyata ada di ujung gang hehe.
  • My COD. Nah ini yang sejak awal ingin saya bahas. COD pada MyCOD merupakan singkatan dari Cash on Digital yang memungkinkan berbelanja online.  JNE disini berfungsi sebagai mediasi pembayaran antara penjual dan pembeli. Dimana letak amannya?Oh ya, berbeda dengan dua fasilitas sebelumnya, untuk menggunakan fasilitas ini, harus melakukan pendaftaran. Jadi saat penjual atau pembeli bertransaksi, data keduanya terlacak sehingga dapat menghindari penipuan atau tindakan merugikan lainnya untuk kedua pihak. Kemudian dimana sisi mudahnya? Nah itu berarti kita harus bergeser ke fasilitas berikutnya.
    MyCOD ini bisa menghindari aksi tipu dari penjual atau pembeli online
  • MyCOD Wallet. Untuk bertransaksi lebih lanjut menggunakan MyCOD dapat menggunakan fasilitas ini, untuk pembayaran. Singkatnya sih ini semacam dompet digital. Untuk menggunakan fasilitas ini, ada beberapa data lebih detail yang perlu diisi yaitu nomor KTP, tanggal lahir, alamat dan juga nomor rekening bank yang bisa terdiri dari 3 nomor.

 

Untuk mengisi MyCOD wallet dapat melakukan Top Up dari ATM, elektronik banking ataupun mobile banking. Secara otomatis, saya juga memiliki virtual account number yang bisa digunakan, jika saya bertindak sebagai penjual yang menunggu transfer dari pembeli. Kemudian, untuk pembayaran, bisa langsung menekan tombol transfer. Masukkan nomor rekening tujuan, jumlah dan catatan penting lain. Untuk mencairkan dana yang sudah ditransfer, bisa menekan tombol Cash Out. Semua transaksi yang dilakukan akan disimpan dalam History jika ingin melakukan pengecekan.

Saya yang sudah seringkali jual beli secara online sih, seneng banget ada aplikasi JNE seperti saat ini. Apalagi dengan adanya fasilitas MyCOD bisa jadi cara mudah belanja aman. Ayo siapa yang penasaran mau coba?






6 comments:

  1. berbunga-bunga apalagi dapat paket kiriman hadiah ya mbak :) Terima kasih sudah ikutan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya bikin capek kerja seharian hilang mbak. Senang bisa ikut partisipasi :)

      Delete
  2. JNE emang sangat memudahkan kita sebagai pengguna yang sering transaksi online, apalagi dengan My COD nya sekarang ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ayo dicoba untuk digunakan.

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...