Pages

Tuesday 15 March 2016

Manfaat Senyum dan Tertawa untuk Kesehatan Ada Banyak Lho

If you don't have a smile, I give you one of mine ~ unknown

Berikut kutipan yang saya berikan saat posting di salah satu akun media sosial yang saya miliki, bersama dengan foto boneka kertas milik anak saya. Senangnya melihat senyuman si boneka itu, dengan mata besar yang berbinar dan lekuk senyum di bibir.

Tapi apa sih sebenarnya manfaat senyum dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kesehatan? Saya pun banyak mencaritahu di beberapa situs web kesehatan yang kredibel. Ternyataaa...

Si boneka kertas yang bisa membuat saya dan anak-anak di rumah tersenyum (dok.pribadi)



....tersenyum dapat menurunkan detak jantung setelah melalui sebuah kondisi yang membuat stres, menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat. Tapi, bukan sembarang senyum dibuat2 loh, senyum untuk kategori ini sampai terlihat ada kontraksi otot antara di bagian mulut dengan mata.

Penelitian itu dilakukan terhadap ratusan mahasiswa. Awalnya untuk membuat wajah tampak tersenyum, para mahasiswa itu diminta untuk menjepit sumpit di mulut mereka. Ada beberapa teknik tersenyum lain yang dilakukan dalam penelitian, yang kemudian dibandingkan dalam ekspresi datar.

Sambil mempertahankan senyum dengan bantuan sumpit, peneliti meminta para mahasiswa itu melakukan berbagai tugas yang membuat stres, seperti menaruh tangan didalam es. Hasilnya, mahasiswa yang detak jantungnya paling stabil saat melakukan tugas adalah yang tersenyum lebar.

Tidak hanya senyum, tertawa juga banyak manfaatnya untuk kesehatan termasuk meredakan stres. Kabarnya dalam jangka pendek, tertawa dapat mempengaruhi tubuh dengan menstimulai organ karena bertambahnya asupan oksigen pada jantung, otot, paru-paru dan meningkatnya hormon endorfin, rasa rileks dan meredakan ketegangan.

Tertawa juga ada manfaat jangka panjang yang tidak sedikit, antara lain menangkal pengaruh buruk stres terhadap imunitas sekaligus meningkatkan imunitas, meringankan rasa sakit dan rasa percaya diri terhadap kemampuan mengatasi hal yang sulit serta membuat mood jadi lebih baik.

Kalau banyak manfaatnya begini sih, gak ada ruginya kan tersenyum, berbagi senyuman ataupun tawa dengan orang-orang di sekitar kita.

Jadi, sudahkah teman-teman tersenyum dan tertawa hari ini?

Sumber:
http://www.huffingtonpost.com/2012/07/31/smiling-stress-smile-heart-rate_n_1724808.html
http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/stress-relief/art-20044456?pg=1

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...