Pages

Saturday 16 May 2015

Masker Alami untuk Kulit Wajah Lebih Cerah

Pada suatu siang saya membaca ttg seorang wanita usia 27 tahun di Amerika Serikat yang menderita kanker karena terlalu sering melakukan proses tanning alias berjemur menggunakan mesin untuk menggelapkan warna kulit, termasuk wajahnya. Asal tahu saja, untuk orang bule, kulit gelap itu dianggap lebih keren dibanding kulit pucat.

Lain lubuk lain ilalang. Sebaliknya dengan masyarakat Asia. Banyak yang menyerbu produk-produk pemutih wajah yang mengklaim dapat membuat wajah lebih putih dengan instan. Tak jarang yang kemudian wajahnya menjadi merah-merah, mengelupas dll. Entah apa yang dapat terjadi untuk jangka panjang.

Saya dan Mama yg usianya menjelang 65 tahun,  panutan saya soal perawatan wajah alami (dok.pribadi)


Oleh karena itu, untuk saya perawatan alami sangatlah diutamakan. Saya pribadi memiliki kulit selayaknya orang Indonesia. Sawo matang. Tidak putih, tapi juga tidak hitam2 amat :D Jenis kulit normal, cenderung kering. Meski terkadang berminyak di daerah T. Hehe ini kulit wajah kok labil sih.

Anyway, saya pribadi jarang yang namanya perawatan wajah karena selama ini tidak bermasalah. Facial yang pernah saya lakukan, mungkin tak lebih dari 10 kali. Sebagian karena memang sekalian perawatan rambut, sebagian lagi karena gratisan (cateeet ^_^)

Nah, selama saya facial sih komentar terapisnya ya hampir sama semua. Hanya saja, karena kulit saya normal cenderung kering, ya harus sering2 pakai pelembab. Apalagi seharian saya bekerja di ruang AC.

Perhatian perhatian

Tapi, beberapa bulan ini, saya perhatikan kok mulai banyak ya titik-titik coklat di sekitar tulang pipi bagian atas. Hiiiks. Gak panik banget sih, tp jadi sadar sepertinya saya harus lebih banyak memperhatikan kulit wajah. Tapi ya itu, saya sukanya yang alami.

Kalau untuk pelembab dan tabir surya susah cari yang alami, karena memang saya sudah cocok dengan satu merek yang tidak bisa disebutkan, tp saya pernah wawancara pendirinya disini ^_^, jadi saya harus putar otak mengenai perawatan yang alami.

Mama adalah salah satu contoh yang saya lihat untuk perawatan alami ini. Saya sering lihat mama mengusapkan air beras, lidah buaya sampai dengan  mentimun di wajahnya. Hehehe dulu sih saya salah satu yang akan bilang, "repot banget sih, ma". Ternyata soal perawatan alami itu nempel banget di saya.

Salah satu perawatan kulit wajah yang gampang dilakukan di rumah yaitu masker wajah. Seingat saya, waktu jaman kuliah yang sedang centilnya itu, saya sering pakai masker wajah. Tapi, setelah masuk dunia kerja, kemudian menikah dan punya dua anak yang aktif pake banget, ya prosesi ini dengan mudah terlupakan :D

Duo alami untuk masker wajah (dok.pribadi)
Jadi gimana donk? Baiklah saya bikin kriteria masker wajah untuk saya, ini nih :
  1. Alami. Memang saya maunya yang gak terlalu banyak campuran kimia.
  2. Mudah didapat. Hari gini saya udah males cari produk atau bahan yang susah dicari.
  3. Murah. Ini sih penting pake bangeeet ^_^
  4. Gampang digunakan. Nah itu dia, saya kan orangnya simpel, jadi males kalo masker alami tp harus pake ditumbuk lah, atau dibuat macem2 gitu.
  5. Hasilnya maksimal. Ya iya donk, masa udah cape2 maskeran tapi kulit wajah gitu2 aja. Rugi kan.
Setelah berkelana di dunia maya, Alhamdulillah saya mendapat titik cerah. Ternyata ada loh produk-produk yang bisa digunakan untuk masker wajah sesuai kriteria saya tadi. Mau tahu kan? *drumrolls* yaitu putih telur dan air lemon!

Kok bisa? Ya bisa lah. Hanya saja, kriteria no.3 sepertinya gak terlalu berlaku disini. Lemon makin lama kok ya makin mihil :( Tapi, untuk saya, itu bisa sekalian. Kenapa? Karena saya minum air lemon hangat tiap hari. Jadi ya bisa diambil dikit2 untuk muka.

Gimana cara pakainya?

Gampang. Pertama, ambil telur. Tapi, kalau telurnya masih di warung atau supermarket, harap bayar dulu hehehehe *apasaeeeeh riiin* Lalu pisahkan antara kuning dan putih telur. Jangan keburu dikocok telurnya, emang mau dibikin omelete :D

Hanya gunakan putih telur, yang lalu dicampur dengan air perasan lemon. Karena jeruk lemon harganya lumayan (pake bangeeet), mungkin hanya perlu 1/4 iris dari lemon utuh. Kadang lebih sedikit lagi. 

Campuran putih telur dan air lemon itu terus disapukan ke seluruh wajah. Tunggu sekitar 10 menit, maka wajah akan terasa mengencang. Tapi jangan dijilat2 ya, rasanya ya pasti gak enak :D

Kalo saya sih dibiarin sekitar 15 menit, lalu dibasuh deh dengan air hangat. Segeeerrrrrr! 

Oh ya, tapi ya hati2 juga untuk yang punya kondisi kulit tertentu, misalnya jerawat atau keluhan lain. Ceki2 dulu ke dokter kalau mau coba masker begini. Kan gak lucu juga, niatnya mau lebih cantik, tp malah menimbulkan masalah, ok ok.

Semoga bermanfaat :)

Sumber :

http://edition.cnn.com/2015/05/12/living/skin-cancer-selfie-feat/index.html?sr=cnnitw

23 comments:

  1. Wah, patut dicoba nih. Tfs, maaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut nimbrung... jadi pingin nyoba nih... alami alami gini emang lebih seger

      Delete
  2. Bisa dicoba nih, Mak kyknya seger gitu ngebayangin pake lemon

    ReplyDelete
  3. Tapi mak kalo pake lemon itu bukannya khusus utk yang punya kulit berminyak?
    Karena lemon dan jeruk nipis setauku untuk mengurangi kadar minyak.
    Aku pernah pake masker telor, tapi gak dicampur lemon. Hasilnya lengket and trus ogah nyoba lagi ;))

    Mending pake madu aja. Muka saya jd lebih kinclong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh gitu ya mak oline, ya aku soalnya ya itu berminyak hanya di daerah T. berarti gak boleh sering2 kali ya. Kalo madu aku blm coba dimuka, hehe ntar deh cari madu yang pas dulu. Makasih yaaa.

      Delete
  4. Mamanya awet muda dan kelihatannya maasih segar walau sdh berumur... apa lantaran sejak masih muda rajin merawat kulit wajah ya? Makasih tipsnya ya...sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga ya mba Rita, mamaku rajin pake macem2 yang alami. makasih udah mampir yaa :)

      Delete
  5. Sm mak, kulit daku jg sawo matang, eksotis gitu..hehe..
    Biasanya aku pakek jeruk lemon aja mak..nggak pakek putih tulir cz sering khilf, rencananya bwt masker ee malah aku kocok trs sreenggg..jd omelet deh..ntar deh kalau nggak khilaf lg mau nyobak ah.
    Tfs y mak... membaca tulisan dikau siang2 bikin hariku langsung cerah membahana..aseg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss dulu ah sesama kulit eksotis hahaha :) Itu putih telor emang kadang gak rela dipisahkan dgn kuningnya mak, mungkin karena mereka takdirnya bersama hihihihi :D
      Makasih udah mampir ya, komentarnya juga bikin wajahku semakin cerah ini ^^

      Delete
  6. Jadi ngebayangin jelat lemon telor yg udah nempel di wajah. :D

    Perih ngga, sih, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perih kalau ada luka, atau jerawat dll. Itu sebabnya kalau ada keluhan dgn kulit, ya serba hati2 mau coba yang alami gini. Kalo perlu, tanya2 dulu dokternya ya mba :)

      Delete
  7. Aku biasanya pake jeruk nipis. Perih dikit kalo ada jerawatnya. Itu duluu saat msh rajin. Sekayang mayes huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe jangan mayees donk mba, demi wajah kinclong binti cerah ceria :) Kalau ada yang bilang beauty hurt alias menyakitkan, saya mah ogah. Buat saya yang penting beauty is gampang dan murah meriah hihihi :D

      Delete
  8. Jadi inget jaman SMA aku suka pakai telur, mau pakai lagi ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loooh mba Lidya malah udah lama tahunya yaa. Hehe aku SMA mah belum pernah perawatan macem2, tomboi ceriitanya :D

      Delete
  9. memilih masker yang aman ya dengan cara ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba alami, semoga lebih sehat. Aamiin. Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  10. Thanks tipsnya bun...salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, terimakasih sudah mampir yaa :)

      Delete
  11. terima kasih atas infonya mbak. sangat bermanfaat sekali. izin share ya.
    salam kenal.

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...