Pages

Saturday 12 December 2015

Ketika Usia Sel Tubuh Saya 15 Tahun Lebih Tua

Proses penuaan. Meski seringkali disangkal, proses ini terus berjalan setiap waktu. Tapi tahukah teman-teman, usia sel tubuh bisa berbeda dengan usia kita sesungguhnya? Untuk saya, usia itu lumayan jauh yaitu 15 tahun lebih tua, yaitu 51 tahun. Oh NOooOOOO!!!

Semua hitungannya berlebih :( Coba kalau ini terjadi pada pemasukan. (dok.pribadi)


Tapi, memang begitulah adanya. Hal ini saya ketahui setelah saya melakukan tes di salah satu fasilitas kesehatan. Menurut konsultan disana, kemungkinan jauhnya usia sel saya dengan usia lantaran berat badan yang berlebih. Hiiks.

Sejak saya menjadi penulis yang tidak lagi bekerja lapangan, mau tidak mau bekerja dalam posisi duduk seharian. Kalau ngetik sambil berdiri, yang ada nanti dilihatin orang, apalagi kalo sambil salto :D Intinya, saya kurang gerak banyak, makan di kantor ini hahaha. Apalagi teman2 saya di kantor ya hobinya, kalo gak bawa makanan, ya bagi2 makanan.

Kalau kata konsultan disana, saya sudah melewati kategori berat badan berlebih dan masuk ke kategori obesitas I. Oh la laaaa. Yang tak kalah menakutkan adalah kelebihan lemak pada organ tubuh bagian dalam. Hati adalah salah satu organ utama yang sangat rentan mengalami perlemakan, yang tentunya menimbulkan risiko kesehatan. Jadi meski saat ini saya Alhamdulillah saya merasa sehat, tp sepertinya tubuh saya tidak sepenuhnya fit :(

Sedih? Iya. Tapi saya kan harus berpikir bagaimana memperbaiki hal itu, masa diem aja. Baiklah saya coba, lari pagi sebelum ke kantor. Hasilnya? Boro2 berhasil. Bangun2 sudah repot sana sini, menyiapkan diri ke kantor dan anak2 ke sekolah.

Percobaan ke dua. Beli baju renang, trus rajin2 berenang pas wiken bareng anak. Hasilnya? Berat badan gak turun2 jg. Karena abis berenang, diajak ngemil. Apalagi saya berenang hanya 1x, paling banyak 2x seminggu, hari Sabtu dan Minggu. Skrg musim ujan, renang pun jd makin jarang.

Nah, saya sempat beberapa bulan yang lalu, sempat jalan ke kantor suami saat pulang kantor. Lumayan sekitar 1 Km lebih. Memang saat itu berat badan saya agak stabil. Tapiiii, sekarang2 ini suami sering pulang telat. Alhasil saya bengong di depan kantornya lamaaaaa. Kalo gini, saya lebih seneng nunggu di kantor deh. Baiklah, cari cara lain!

Olahraga Juga Deh

Beberapa waktu yang lalu, seorang temen saya di kantor, tertarik program diskon dari gym yang lokasinya di seberang kantor. Itu anak umurnya baru 24 tahun, tp yang dirasain di badan udah macem2. Termasuk perlemakan hati tersebut. Salah satu cara mengurangi lemak di hati, ya dengan olahraga, selain menjaga asupan makanan sehat.

Jalan pas car free day sekitar 2 tahun lalu, masih kurusan dibanding skrg sih ^^ (dok.pribadi)
Saya sih tadinya mikir2 ulang, ikut ngegym? Hmmmm gimana ya. Ntar kalo ketemu om atau mas2 berkaos kutang gimana? Hahahaha :D :D Intinya sih, saya gak tau gimana kondisi gym sebenarnya. Kalo saya pake jilbab, apa gak dianggap aneh. Etapi, saya lihat sih, salah satu teman blogger berjilbab, pernah tuh foto sama temennya di gym. Okelah, normal sepertinya.

Lalu saya pun nekat, meminta teman saya untuk menemani saya bergabung di gym itu. Setelah proses administrasi, jadilah saya anggota yang terikat selama 12 bulan. Waktu ditanya apa motivasi saya ngegym, ya saya jawab aja mau nurunin berat badan. "Oh kalau mau nurunin berat badan 10 kg, dalam 6 bulan juga bisa mbak. Olahraganya gak perlu terlalu berlebihan juga, 3-4 kali aja per minggu. Tapi, keanggotaan tetap 12 bulan ya mbak," kata konsultan gym pada saya.

Saya sih manggut2 aja. Heaaa 6 bulan aja? Rasa2 gak percaya gitu. Tapi ya temen saya, bisa nurunin berat badan hampir 7 kg dlm waktu kurang dari 1 bulan. Ya mudah2an saya gitu deh, pikir saya saat itu. Mulai besoknya, mulailah saya ngegym. Kadang bareng temen, kadang ya sendiri. Waktunya, bisa pagi sebelum ngantor, ataupun sore sambil nunggu jemputan suami.

Sekarang sudah hampir 3 mingguan deh saya ngegym, sekitar 3x seminggu. Hasilnya? berat badan turun 0,4 kg ajah! Hahahahaha sepertinya lemak yang ada di tubuh saya ini udah bandel bgt. Kalo ada istilah bakar kalori, sepertinya lemak berlebih di tubuh saya harus dipanggang, bukan di bakar lagi kali yaa.

Tapiiii, untuk stamina saya, memang jauh lebih baik. Gak terlalu cepet cape. untuk berbagai kegiatan, tanya deh suami saya *apaaaseeeeeeh riiin * ^_^

Memang sih untuk olahraga itu, kadang sering banyak godaan. Kadang kalo pas ngegym, saya mikir, kan waktunya bisa dipake buat yang lain. Atau, uang ngegym kan bisa dialokasiin buat keperluan lain. Tapi, jangan lah. Saya coba untuk bisa berkomitmen olahraga. Kalo caranya harus "dipaksa" karena sayang kan udah bayar, saya harus konsisten. Sehat itu kan lebih mahal lagi.

Jadi kalo ada yang tanya, ngapain saya ngegym. Beneran bukan karena ngegaya, ikut2an atau sekedar menurunkan berat badan. Tujuan saya adalah sehat dan mengurangi usia sel saya. yaaa seenggaknya sama lah dengan usia saya sesungguhnya. Masa umur segini, usia sel udah masuk manula :(

Kalo saya harus olahraga dengan cara ini, gimana donk olahraga teman-teman?

12 comments:

  1. Aku ngeri kurus, ntar dihamili lagi hahaha ... Blum bs olahraga niy, soalnya jd ketarik tuanya klo bareng hery hehehe dia mah enak ketarik mudanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa iya ya, kalo kurus bisa gitu ti. Gak kepikiran, tp blm kurus jg sih :D

      Delete
  2. wahh sama mba, saya juga pernah usia sel tubuh lebih tua 21 tahun dari usia asli, pengen nangis ih..., tapi skarang udah agak mendingan sih sejak olahraga dan ngurangin ngemil..

    btw, salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak Zata. Hayooo kita sama2 berjuanggg :)

      Delete
  3. olah ragaku di rumahaja mbak, atau renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa rutin emang paling enak di rumah mbak

      Delete
  4. 0.4 iu mayan lho, Mbak. Ketimbang naik. :D
    Btw, aku jd penasaran dg usia tulangkuu. Secara, kerjaku banyak duduknya e. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan deh. Kalo tulang ada tesnya lagi, beda sama ngukur usia sel

      Delete
  5. Pengalaman nya sama yg sedang saya alami, Usia sel 6 tahun lebih tua# Rasanya gimana gitu Jiwa belasan, Usia 20-an, Ternyatah umur sel 30an sedihh��

    ReplyDelete
  6. Pengalaman saya sebulan dimulai sebulan yg lalu ketika ditimbang temen, kondisi saya perut buncit (lingkar perut 85 cm) dak pede dg penampilan. Umur baru 32 th, tp umur sel sudah 43 tahun. Trus ikut program dari temen, baru sebulan turun BB 7 kg, usia sel jadi 36. Efek sampingnya, celana jadi kedodoran smua, karna lingkar perut dah turun 10 cm

    ReplyDelete
  7. Kalo aq barusan cek usia baru 30 th tapi usia sel tubuh 40 th. 10 th lebih tua. olah raga sementara baru bisa 1 x seminggu. katanya faktor penyebabnya karna terlalu stres dan kelelahan dan harus rileks kalo pingin menurunkan usia sel tubuh. Nah justru untuk rileks itu yg susah karena berbanding terbalik dengan beban kerja. jd solusinya gimana y teman2?

    ReplyDelete
  8. Kalo aq barusan cek usia ku 30 th,tapi usia sel tubuh 40 th. jadi 10 th lebih tua. Katanya faktor penyebabnya karena terlalu stres dan kelelahan. Kalo ingin menurunkan usia sel tubuh harus rileks. Nah justru untuk rileks itu yang susah. Karna berbanding terbalik dengan beban kerja. jadi solusinya gimana teman2 ?

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...