Pages

Thursday, 19 January 2017

Jangan Minder Beli Rumah, Coba Dulu Pengajuan KPR Online

Mapan sering diartikan memiliki pendapatan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan utama sekaligus rumah sebagai tempat tinggal. Tapi, sekarang sih sepertinya anggapan itu sudah semakin bergeser. Saya pernah membaca mengenai kemungkinan generasi milenial yang lahir mulai tahun 1981 hingga 1994, dalam beberapa tahun ke depan, akan semakin kesulitan membeli rumah. Apalagi kalau bukan karena disebabkan harga rumah yang semakin meroket yang sulit dicapai dengan pendapatan alias gaji.

Jangan pakai galau seperti saya dulu, proses beli rumah sekarang jauh lebih mudah loh. 
Meski bukan termasuk generasi milenial karena saya sedikit berada diatasnya, namun saya juga sempat mengalami loh sulit beli rumah. Mulai dari menetapkan pilihan yang sesuai bujet hingga proses pembayarannya. Karena uang cash yang dimiliki tidak cukup, akhirnya saya dan suami memilih pengajuan kredit pemilikan rumah atau KPR.

Tapi, tahu sendiri kan namanya mengajukan KPR di bank itu tidak mudah. Bahkan untuk ke bank saja, harus meluangkan waktu yang tidak sedikit. Biasanya perlu beberapa kali bolak balik sampai diperoleh keputusan. Tapi itu duluuuu. Buat temen-temen, sekarang tidak perlu repot seperti saya waktu itu. Sekarang pengajuan KPR online bisa membuat segalanya lebih mudah.



Alhamdulillah saya pribadi saat ini sudah menempati rumah yang dibeli secara KPR sejak tahun 2009 lalu, setelah mengontrak rumah selama beberapa tahun sejak menikah. Jujur saja, biaya membayar KPR jauuuh lebih rendah dibandingkan membayar uang kontrak rumah yang naik terus tiap tahun. Itu sebabnya saya selalu ikut senang kalau ada teman yang berhasil membeli rumah.

Berdasarkan pengalaman saya, setelah jatuh cinta pada rumah ataupun properti jenis lain dan berniat membeli melalui KPR, maka akan mulai perjalanan panjang. Mulai dari biaya yang perlu diperhitungkan. Pertama biaya tanda jadi. Kalau untuk rumah baru, maka biaya diberikan pada pihak developer. Tapi kalau beli rumah second, maka biaya dapat diberikan melalui perantara.

Ayooo siapa yang tertarik punya rumah dengan taman seluas ini :)
Biaya selanjutnya yaitu uang muka untuk pengajuan KPR. Untuk uang muka maka bank akan mengarah pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/10/PBI/2015 yang sudah diterapkan sejak Juni 2015 lalu. Uang muka yang diberikan untuk mengajukan KPR yaitu sekitar 20 persen untuk luas 21-70 m2. Untuk ukuran lebih besar dari 70 m2 maka uang muka yang perlu dibayarkan 30 persen. Bukti pelunasan uang muka disebut Surat Perjanjian Jual Beli harus dilakukan di depan notaris sebagai bagian akad kredit.

Nah, biaya notaris untuk kredit dan sertifikat tanah ini juga harus disiapkan ya. Sebab biaya ini akan dibebankan pada pembeli atau nasabah. Selain itu, masih ada biaya provisi dan asuransi yang akan dikalkulasi oleh bank.

Tenang..tenang..jangan sesak napas dulu memikirkan biayanya. Kalo namanya sudah niat dan jatuh cinta, jangan cepat menyerah donk.

Memanfaatkan Simulasi KPR

Tuh kan sekarang pengajuan KPR online makin mudah 
Begini deh sekarang kan sudah banyak tuh Simulasi KPR yang bisa dilakukan secara online. Karena orangtua saya dulu pegawai negeri yang menggunakan KPR Bank Tabungan Negara (BTN), saya jadi ikutan juga. BTN memang sudah dikenal sebagai leader pembiayaan perumahan di Indonesia. Apalagi sekarang Simulasi KPR di BTN ternyata sudah bisa dilakukan secara online melalui website https://www.btnproperti.co.id/

Di website tersebut, Simulasi KPR ada dua jenis yaitu untuk KPR konvensional dan KPR Syariah. Simulasi KPR tersebut meliputi suku bunga, biaya akad kredit, asuransi, biaya notaris dan lain-lain. Sehingga muncul total pembayaran pertama dan perkiraan biaya per bulan.

Pengajuan KPR Online

Jika dari Simulasi KPR, sekiranya biaya masuk di bujet, bisa deh langsung melakukan pengajuan KPR secara online.  Bisa langsung klik https://www.btnproperti.co.id/pengajuan-konvensional.html untuk pengajuan KPR BTN.

Tinggal diisi datanya yang lengkap yaa

Sebagaimana Simulasi KPR, pengajuan kredit juga bisa dilakukan untuk KPR Konvensional dan KPR Syariah. Caranya, calon pembeli pertama-tama mengisi formulir pengajuan kredit dan memasukkan data dengan lengkap. Untuk beberapa data seperti KTP dan slip penghasilan diminta untuk di upload dalam bentuk soft copy yang disertakan sebagai lampiran. Jika dianggap sesuai, maka akan  mendapat persetujuan awal kredit. Semuanya tanpa repot datang ke kantor Bank BTN.

Proses ini tergolong mudah, cepat dan murah. Apalagi dokumen yang perlu di upload tergolong sedikit dan tidak terlalu rumit. Langkah ini tergolong ringkas untuk mendapat persetujuan yang cepat.

Nah simulasi kredit ini lengkap termasuk skema cicilan per bulan nantinya.
Jika dibandingkan saya dan suami dulu mengajukan KPR secara konvensional sih ini bener-bener asik banget. Gak perlu buang-buang tenaga, dana dan waktu dari untuk tanya informasi KPR ke bank, belum lagi kalau petugasnya sedang tidak di tempat atau pas istirahat. Males banget kan.

Jangan khawatir atau bingung. Kalau mengalami kesulitan, BTNProperti.co.id memiliki fitur Customer Service Live Chat yang siap membantu.

Mencari Rumah Secara Online 

Bagaimana jika ingin membeli rumah atau properti tapi belum menemukan yang tepat? Di BTNProperti.co.id juga ada loh fiturnya. Lengkap mulai dari Data Perumahan, Data Rumah Dilelang, Data Developer Mitra BTN serta Data Member/Agen BTN Properti.

Dalam Data Perumahan, terdapat beragam properti di berbagai daerah yang dilengkapi dengan harga, alamat, foto properti, no kontak dan email yang dapat dihubungi. Selain itu, bagi pengunjung website yang sudah login sebagai anggota, bisa langsung mengirim pesan.

Data Rumah Dilelang juga patut dilirik nih untuk calon pembeli. Ini merupakan rumah dilelang khusus dari BTN. Selain data berupa harga, alamat, foto dan no kontak, umumnya disertakan pula Detail Properti lebih lengkap. Selain itu, masih ada pilihan lain yaitu Data Developer Mitra BTN dan Data Member/Agen BTN Properti kalau ingin langsung bertanya mengenai properti idaman.

It's not perfect yet, but it's home. 
Selain itu, fitur-fitur lain yang tidak kalah bermanfaat dari BTNProperti.co.id yaitu konsultasi KPR, Edukasi Masyarakat dan Berita Terkini. Ada pula fitur Komunitas Properti yaitu marketplace yang berhubungan dengan kebutuhan rumah seperti Arsitek, Notaris hingga Tukang Bangunan, Tukang Listrik, Tukang Cat, Pengendali Hama dan lain-lain.

Oh ya, satu lagi fitur baru yang menarik yang masih dalam pengembangan di BTNProperti.co.id yaitu fitur Harga Pasar. Dengan fitur ini, calon pembeli bisa mengecek harga pasar dari rumah atau properti di kawasan yang diinginkan. Nantinya informasi harga update dari tahun ke tahun.

Silakan mencoba ya, semoga semakin dekat dengan mimpi memiliki rumah idamannya.

6 comments:

  1. duh, aku generasi zadul dan masih blum dimampukan beli rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah segera diberi kemampuan beli rumah ya, mbak. Ayo coba cek2 pake pengajuan kpr online

      Delete
  2. wah ada to mbak kpr online baru tahu tfs ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak :) yuk dicoba pengajuan kpr online

      Delete
  3. Bagaimana kalau gaji saya masih UMR mbak? Bisakah mengajukan KPR, terlebih belum menjadi karyawan tetap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang pengajuan KPR, agak lebih sulit kalau belum karyawan tetap, tapi Coba dulu deh diajukan melalui websitenya. Semoga berhasil, mbak Yuni.

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...