Pages

Monday, 25 January 2016

Fitur Kids Center Menjadikan Acer Liquid Z320 Sebagai Ponsel Aman untuk Anak

Gadget or no gadget untuk anak? Sepertinya ini akan menjadi perdebatan sepanjang masa dari kubu kontra dan pro. Memang perlu diakui, gadget termasuk telepon seluler (ponsel) untuk anak, bagaikan dua sisi mata uang. Ada keuntungan dan juga risiko kerugiannya.

Beberapa ahli, sebagaimana saya kutip dari situs web parenting terkemuka, mengungkap beberapa risiko dari gadget terhadap anak. Seperti obesitas, kesulitan memusatkan perhatikan dan bersosialisasi, kurang berimajinasi, lebih agresif hingga rendahnya nilai akademik.

Disisi lain, gadget bermanfaat membuat proses belajar menyenangkan, membantu bereksplorasi dan mencari solusi permasalahan. Studi yang dilakukan terhadap anak usia pra-sekolah yang diberikan tontonan edukasi dengan jumlah terbatas, lebih banyak kemajuan pembelajaran, membaca lebih banyak buku dan meraih nilai akademik yang lebih tinggi.

Tapi jangan bingung ya. Kini sudah ada fitur pendukung ponsel yang dapat meminimalisir risiko, agar si kecil dapat meraih manfaat maksimal dari ponsel.

Paling seru bertiga kalau memainkan game baru (dok.pribadi)


Dukungan Tepat

Memang saat ini rasanya sulit untuk benar-benar melarang anak menggunakan gadget, termasuk ponsel. Hanya saja perlu diperhatikan klasifikasi ponsel yang tepat untuk kebutuhan anak. Untuk mampu memberikan manfaat positif, maka ponsel harus dapat dijadikan sebagai media belajar untuk anak.

Dari pengalaman saya pribadi seperti yang pernah saya ceritakan disini,  anak pertama saya, Aylaa, berulangtahun ke-9, ia mendapatkan ponsel dari kakeknya. Hingga saat ini, Alhamdulillah aturan-aturan yang saya terapkan untuk penggunaan ponsel, sebagian besar tidak dilanggar oleh Aylaa.

Tiga aturan utama seperti izin untuk download, password yang harus selalu diberitahukan dan no sosmed, dipatuhi dengan takzim oleh Aylaa. Namun, untuk dua aturan selanjutnya, yaitu menonton youtube dan membatasi pemakaian, rupanya masih membuat saya khawatir. Sebab memang belum ada penyaringan atau pengingat khusus. Jadi bagaimana ya?

Acer Liquid Z320 untuk pilihan aman 

Beruntung sekali saya membaca informasi dari beberapa teman dengan masalah yang sama di media sosial baru-baru ini. Kini ada ponsel ramah anak yang diluncurkan Acer Indonesia, lengkap dengan Fitur Kids Center yaitu Acer Liquid Z320.

Rupanya, kekhawatiran saya dan orangtua lainnya, telah menarik perhatian Acer hingga membuat fitur ini. Fitur Kids Center bisa disebut sebagai sebuah ekosistem yang diperuntukkan  khusus untuk anak-anak. Berikut beberapa manfaat Fitur Kids Center sudah pre-install di dalam Acer Liquid Z320 :
  1. Fitur Kids Center di dalam Acer Liquid Z320 ini dapat membatasi aplikasi, konten dan akses data yang memang tidak pantas dikonsumsi anak.
  2. Fitur Kids Center dilengkapi dengan parental control untuk memantau aktivitas internet anak.
  3. Fitur Kids Center mampu mengatur keamanan penggunaan smartphone, yang akan  mencegah anak melakukan download konten dewasa atau membeli aplikasi baru tanpa izin orangtua.
  4. Fitur Kids Center di dalam Acer Liquid Z320 menawarkan ribuan aplikasi edukasi untuk mendukung proses pembelajaran dan mengasah kreativitas anak. Diantaranya, terdapat aplikasi untuk menggambar, mewarnai dan kamera khusus anak yang dilengkapi dengan berbagai macam pilihan latar belakang dan stiker.
  5. Dengan update content di Fitur Kids Center pada Acer Liquid Z320, setiap hari anak dapat menikmati  beragam konten baru khusus anak-anak, mulai yang dapat diakses gratis ataupun berbayar. Konten tersebut termasuk video Youtube atau game.
Waah lima cara ini Fitur Kids Center pada Acer Liquid Z320 ini sih tidak diragukan lagi, pas banget dengan lima aturan aman menggunakan ponsel yang saya berlakukan pada anak selama ini.

Fitur Kids pada Acer Liquid Z320 dapat dipastikan aman untuk anak
Fitur-fitur Unggulan Lainnya

Bagaimana dengan tampilan Acer Liquid Z320 ? Layarnya yang berukuran 4.5-inch dengan resolusi 854×480 pixel, masih dianggap sesuai untuk anak. Tidak terlalu besar ataupun kecil. Daya baterai juga cukup hemat, karena resolusi yang tidak terlampau tinggi. Yang istimewa adalah jenis layar In-Plane Switching (IPS), yang dapat membuat pengguna dapat melihat layar ponsel tetap jelas meski dibawah cahaya terang ataupun sinar matahari.

Sementara itu, Acer Liquid Z320 sebesar 1GB dengan kapasitas penyimpanan internal sekitar 8GB, yang bisa diperbesar dengan microSD.  Teknologi DTS Sound pada Acer Liquid Z320, membuat suara yang keluar akan lebih jernih dan nyaman di telinga.

Kamera Acer Liquid Z320 salah satu yang terbaik di kelasnya
Meski tak saya sarankan sering-sering selfie, namun si pra-remaja saya, ya suka dengan namanya selfie. Jika dengan ponsel lamanya, ia sering kecewa dengan hasilnya. Tapi jika menggunakan Acer Liquid Z320 dengan kamera utama 5 megapixel dan kamera depan 2 megapixel, tentu ia bakal gembira dengan hasilnya. Apalagi fitur auto focus memungkinkan untuk memperoleh fokus terbaik saat selfie ataupun wefie di perjalanan.

Kabar baiknya lagi harga Acer Liquid Z320 cukup terjangkau. Pada salah satu toko online disebutkan harganya berada di kisaran Rp 1 jutaan. Dengan berbagai fitur yang dimiliki, tentu harga tersebut sangat sepadan.

Kakak Aylaa sukanya selfie nih (dok.pribadi)
Sounds too good to be true untuk saya. Tapi nyatanya ya memang begitu. Dengan fasilitas dan berbagai fitur, terutama Fitur Kids Center di dalam Acer Liquid Z320, saya tidak perlu risau berlebihan saat meninggalkan anak dengan ponsel.

Sungguh tepat jika dikatakan, bersama Acer Liquid Z320, Anak Senang! Orangtua Tenang! Yuk berikan yang terbaik untuk anak-anak kita.

Sumber : 
http://www.parents.com/fun/entertainment/gadgets/is-technology-good-for-little-kids/
http://www.acerid.com/2015/11/4-tips-aman-anak-main-smartphone/
http://www.acerid.com/2016/01/product-review-harga-smartphone-acer-liquid-z320/
http://www.acerid.com/2015/11/yuk-lakukan-tips-ini-agar-foto-selfiemu-sempurna/

28 comments:

  1. Memang anak2 zaman sekarang harus diawasi pake gadget ya mak.. Banyak pengaruh buruknya.

    ReplyDelete
  2. bagaimanapun kita tidak bisa menjauhkan anak dari Gadget ya... ya salah satu cara melindungi anak dengan aplikasi kids center yang sudah terbenam di Acer Liquid Z320

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya bisa sedikit lega ya, meski pengawasan sih masih harus tetep ya mbak

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah. Makasih infonya mbak Ophi :)

      Delete
  4. congratulationsss... keren banget iih, tulisannya :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  5. Wah,bagus tulisannya, pantas menang, Selamat ya Mba ririen

    ReplyDelete
  6. Selamat mbak!
    sekarang jadi makin aman, ga khawatir kalau anaknya selfie-selfie ya. Smartphonenya sudah aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah ada jalan untuk lebih aman mbak.

      Delete
  7. Selamat Mbak....Anak senang, ortu tenang....

    ReplyDelete
  8. selamat yah mbak ..
    bagus ..


    jangan lupa visit back juga mampir-mampir www.plinplan.net

    ReplyDelete
  9. mantap artikelnya pantas menang

    ReplyDelete
  10. Selamat mbak ya atas kemenangannya pada kontes blog Acer :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  11. ini accer memang kece klo buat anak anak ya bu..

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...