Pages

Saturday, 27 June 2015

Nevramin, Pendukung Tubuh Bebas Kram, Kaku dan Kebas

Dulu waktu saya baru mulai bekerja menyesuaikan diri dengan jam kerja tidak teratur, badan sering terasa capek. Gejalanya macam-macam, mulai dari terasa kram, kaku atau kebas. Paling sering kram di bagian betis. Sungguh, ini ganggu banget.

Sampai saya menerima saran dari ibu kos saya yang baik hati. "Coba minum suplemen vitamin B, rin", ujar beliau. Wah, saya senang sekali diperhatikan sekaligus diberi saran bermanfaat. Sejak itu, saya kerap mengonsumsi suplemen vitamin B, sekiranya diperlukan.



Tapi, apa saja sih jenis dan fungsi vitamin B? Berdasar website NHS, ada beberapa jenis vitamin B yaitu :
  •  Tiamin (vitamin B1). 
  • Tiboflavin (vitamin B2). 
  • Niacin (vitamin B3). 
  • Asam pantotenat
  • Vitamin B6
  • Asam folat
  • Vitamin B12
Fungsi vitamin B antara lain memecah dan memproduksi energi dari makanan, menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, mata tetap sehat, membantu pembentukan hemoglobin, serta mencegah beberapa kelainan saraf pada janin selama masa kehamilan. Pokoknya, vitamin B ini penting banget deh untuk tubuh.

Asupan makanan sehari-hari dapat menjadi sumber vitamin B, misalnya saat kita makan telur, susu, roti atau sereal dari gandum utuh, daging, ikan, tomat, kentang, brokoli, kacang kedelai dan lain-lain.

Namun, tidak jarang juga, bahan-bahan makanan kaya kandungan vitamin B itu luput dari kita sehari-hari. Atau, proses masak yang sedemikian rupa membuat kandungan vitaminnya tidak maksimal saat dikonsumsi. Padahal kalau kekurangan vitamin B bisa banyak efeknya, antara lain penyakit beri-beri, berkurangnya kemampuan mengingat, jerawat, gangguan saraf dan perkembangan pada anak-anak hingga risiko penyakit bawaan bagi janin.


Nah kalau yang umum terjadi, gangguan dari kekurangan vitamin B, bisa tampak gejala seperti kaku, kram, kesemutan, kebas dan kedutan. Nah gak enak banget nih kalo sampe ngalamin gini.

Jujur aja, saya sempet lupa tuh konsumsi suplemen vitamin B beberapa tahun kemaren. Alhamdulillah tubuh saya memang tidak banyak bermasalah. Hanya saja, sejak kembali bekerja dengan jam kerja yang lumayan panjang, saya kok jadi balik lagi seperti dulu. Sering merasa badan kaku, kram atau kebas pada malam hari. Kalau sudah gitu, rasanya sakit dan gak enak. Bisa ganggu aktivitas yang saya lakukan, pokoknya nggak banget deh :(

Saya kemudian teringat lagi pesan ibu kos saya bertahun-tahun yang lalu. "Coba minum suplemen vitamin B, rin", Duuuh kok ya saya bisa lupa.


Tapi, kali ini saya tidak mau sembarangan pilih suplemen vitamin B. Ditengah proses pencarian saya di dunia maya, kemudian saya menemukan NEVRAMIN sebagai neurovitamin yang merupakan produksi dari Takeda asal Jepang. Perusahaan ini sudah berdiri lebih dari 230 tahun, di Osaka.

Tapi, saya masih penasaran, apa aja sih kandungannya. Ternyata ada 3 kandungan utama dari tiap kapsul NEVRAMIN yaitu :
  • 50 gram fursultiamin atau vitamin B1 aktif
  • 100 mg vitamin B6
  • 500 mcg vitamin B12
Ketiga kandungan vitamin B itu akan mengatur metabolisme dalam saraf agar produktivitas terus terjaga, sehingga terhindar dari gangguan seperti kaku, kram, kesemutan, kebas dan kedutan pada mata. Wah ini sih sesuai banget dengan kebutuhan saya.

Untuk yang mau minum suplemen ini, jangan lupa baca juga aturan pakai dan dosis yang dianjurkan di labelnya ya. Lalu bagi yang punya kondisi kesehatan tertentu sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya. 

Kalau saya sih sudah bisa bilang, yuuuk Enakin Harimu dengan Nevramin, yang bisa bikin badan bebas gangguan :) 

Sumber: 
http://www.nhs.uk/Conditions/vitamins-minerals/Pages/Vitamin-B.aspx
https://en.wikipedia.org/wiki/B_vitamins


10 comments:

  1. saya jadi ingin coba mulai minum Nevramin juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa membantu yaa, tp kalau punya kondisi kesehatan khusus, tanya2 dokter dulu. Makasih ^^

      Delete
  2. Good luck buat lombanya ya mak :)

    ReplyDelete
  3. Bagus nih bermanfaat bgt bagi saya yg udh mulai kerja. kram, kebas sama kesemutan mulu. untung ada artikel dari mbak...
    terimakasih ya mbak. good luck untuk blog nya :)

    ReplyDelete
  4. Baru nyoba, ternyata kasiatnya ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga sehat terus ya

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...