Pages

Monday 3 February 2014

Gula Aren, Pemanis Sehat Favorit Keluarga

Anak sulung saya, Aylaa, termasuk memiliki saluran pencernaan yang sensitif. Sekitar dua bulan yang lalu, dioperasi usus buntu. Lalu disusul dengan typhus. Tak jarang kalau salah makan, muntah-muntah.

Padahal Aylaa di sekolah mulai dari pagi hingga siang hari sekitar pukul 2 siang, yang mengharuskannya memiliki stamina kuat. Sebelumnya, untuk snack time di pagi hari, saya masih mempercayakan dari pihak sekolah, sementara makan siang memang saya bawakan dari rumah.

Namun, sejak Aylaa sakit kemarin, saya memutuskan untuk membawakannya sendiri semua makanannya di sekolah, termasuk camilan untuk snack time serta makan siangnya. Alhamdulillah, sekarang sudah jarang muntah-muntah dan sakit perut.

Ada tapinya nih, saya jadi sering pusing juga cari menu untuk dua kali waktu makan. Apalagi menu camilan kan beda dengan yang makan siang. Beberapa kali sih saya bawakan roti untuk snack time, tapi lama-lama bosan juga kan.

Bubur sumsum ala Chef dadakan ^_^ (sumber: Dok.pribadi)
Nah suatu waktu saya blogwalking ke beberapa blog kuliner milik rekan-rekan blogger untuk berburu resep. Disana ada resep bubur sumsum. Wah sepertinya menarik juga, cocok untuk perut anak saya. Rasa bubur yang gurih serta dituang gula cair pasti pas untuk snack time di sekolah.

 Lihat bahan-bahan resepnya, nggak terlalu sulit dapatnya. Bahan utama, tepung beras dan santan serta sedikit garam dan beberapa lembar daun pandan. Tepung beras saya memang sudah menyimpan, santan saya memilih yang siap pakai, sementara daun pandan tinggal metik di belakang rumah.

Untuk saus alias kuah bubur sumsum, mungkin bukan bahan utama. Tapi, jadi penentu enak atau tidaknya bubur sumsum, setuju gak teman-teman? Untuk itu, perlu gula yang berkualitas sekaligus pemanis sehat donk. Kebetulan asisten rumah tangga saya baru pulang kampung. Biasanya beliau membelikan gula aren alias palm sugar serta oleh-oleh lainnya. Gula aren memang jadi favorit saya sekeluarga. Rasa manisnya berbeda dengan gula merah pada umumnya.

Hasilnya, bubur sumsum saya untuk camilan kakak di sekolah dijamin enak, gurih manis dan yang pasti sehat donk!



Arenga Organic Liquid Palm Sugar (sumber: palmsugarindonesia.com)
Ternyata sekarang ada loh gula aren ARENGA dengan berbagai varian yang bisa langsung digunakan. Untuk kemasan retail ada dua jenis utama yaitu palm sugar (gula aren semut) kemasan 225 gram dan Liquid palm sugar atau gula aren cair yang dapat dipilih dalam empat rasa yaitu original, pandan, durian dan nangka.

Wah kalo seperti itu sih, saya tidak usah repot2 lagi membuat kuah bubur sumsum untuk kakak dan keluarga. Bahkan, bisa ganti-ganti rasa selain pandan. Terbayang enaknya bubur sumsum dengan kuah rasa durian atau nangka..nyaaaammmmm

Varian lengkap Arenga (sumber: palmsugarindonesia.com)
Kalau begini, saya jadi siap-siap cari resep lain nih. Apalagi, Arenga terdiri dari dari berbagai varian yang bisa digunakan untuk campuran minuman seperti kopi, teh, susu atau herbal seperti jahe, beras kencur, temu lawak. Juga bisa untuk campuran cincau dan kolak, serta pemanis untuk kue basah dan kue kering. Nah, lengkap kan.

Hmmmm...besok bikin apa pakai gula aren Arenga ya?

"Ikutan Menulis tentang Pemanis Sehat Yuuuuk..."


http://eviindrawanto.com/2014/01/lomba-blog-peduli-pemanis-sehat/

8 comments:

  1. Hehehehe kalau gula aren Arenga untuk bubur sumsum sudah terbukti kedahsyatannnya. Hehehe..Makasih ya Mbak

    ReplyDelete
  2. aaaah jd penasaran beneran mbak Evi :O

    ReplyDelete
  3. terima kasih sudah turut berpartisipasi di Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mbak Ririn

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 uncle Lozz, senang bisa berpartisipasi :)

      Delete
  4. Bubur sumsum memang enak banget mbak Ririn. Anak2 juga suka. bikinnya juga super gampang dan cepat. yg instant2 saja. xixi..
    sukses GA-nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mak, maunya yg enak tp gak pake ribet. Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  5. Praktis ya, kalo bikin bubur sumsum pake gula Arenga cair :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. juga enak dan sehat :) Makasih udah mampir ya.

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...