Pages

Monday 8 February 2016

Tips Meredakan Kram Kaki Saat Tidur Malam

Pernah mengalami kram kaki saat tidur malam? Saya pernah. Meski tidak terlalu sering, tapi kram kaki bisa sangat mengganggu. Bisa membuat terjaga dari tidur, bahkan jadi sulit kembali tidur, seperti yang saya alami.

Menurut situs web kesehatan terkemuka, kram kaki bisa terjadi pada siapa saja, tanpa alasan tertentu. Namun, beberapa kondisi seperti kehamilan, kedinginan, berdiri atau duduk terlalu lama, dehidrasi, setelah berolahraga, kekurangan mineral, dan konsumsi obat-obatan tertentu, bisa mempertinggi kemungkinan kram kaki saat tidur malam.

Kram kaki saat tidur malam bisa menyerang siapa saja (dok.pribadi)




Kram kaki pada saat tidur malam, seringkali terasa pada betis. Yaitu berupa pengencangan otot secara tiba-tiba selama beberapa detik hingga beberapa menit. Tapi, bisa saja kram terjadi pada bagian kaki yang lain.

Ini cara praktis yang biasa saya dilakukan untuk meredakan kram kaki saat tidur malam yang terbukti efektif.

Saat kram terjadi, memang tak banyak yang bisa dilakukan. Saya pribadi biasanya akan berusaha meluruskan posisi kaki, meski untuk itu harus menahan sakit. Kemudian, telapak kaki akan saya tempelkan ke lantai.

Catat ya, telapak kaki harus benar-benar menempel seluruhnya ke lantai. Meski susah pada awalnya dan bisa membuat rasa sakit semakin intens, namun biasanya hanya dalam beberapa detik, kram kaki akan hilang.

Cara lain yang saya peroleh dari situs web yaitu dengan meregangkan otot betis. Saat duduk, luruskan kaki dan angkat bagian belakang telapak kaki selama beberapa saat lalu lepaskan. Bisa dibantu dengan menggulung handuk lalu tempatkan di bagian bawah kaki.

Atau, lakukan peregangan dengan berdiri. Tempelkan tangan ke arah dinding, lalu tarik kaki kanan ke belakang tahan selama 15-20 detik. Ulangi kaki yang lain.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat membantu mengatasi kram kaki saat tidur malam, seperti :
  • Mengompres dengan air hangat.
  • Berjalan perlahan sambil menggoyangkan kaki.
  • Banyak minum, karena dehidrasi bisa menyebabkan kram kaki.
  • Jika perlu, minum obat pereda nyeri sesuai dosis pada label kemasan. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan obat ini dengan dokter terlebih dahulu.
  • Bila kram kaki, kemungkinan berhubungan dengan obat yang dikonsumsi, hubungi dokter mengenai obat pengganti.
Meski tergolong tidak berbahaya, kram kaki saat tidur malam yang terlalu sering, lebih baik diperiksakan ke dokter. Sebab ada gangguan kesehatan yang mungkin memicu hal ini. Jika dapat ditangani, maka kram kaki juga otomatis akan hilang.

Semoga tips meredakan kram kaki saat tidur malam ini bisa membantu teman-teman yaa.

Sumber :
http://www.webmd.com/sleep-disorders/tc/nighttime-leg-cramps-topic-overview
http://www.webmd.com/first-aid/calf-stretch

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...