Pages

Monday 7 March 2016

Belanja Produk CNI Online Kini Semakin Mudah dan Mengenal Sosok Dibalik Itu

Sebagai seorang pekeja kantoran, otomatis hampir seharian saya tidak punya banyak waktu untuk berjalan-jalan. Namun, beruntunglah saya termasuk pekerja kantoran di zaman internet dengan segala kemudahan. Tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan saya, baru-baru ini saya mengalami kemudahan berbelanja online sekaligus membantu teman.

Lenny dan Sany, teman sekaligus pengguna produk CNI yang senang dapat produk andalan (dok.pribadi)



Ceritanya pada suatu pagi, seorang rekan kerja saya bercerita tentang kebutuhan vitamin istrinya yang sedang menyusui. Hanya saja sang istri tidak mau vitamin sembarangan, ia hanya mau produk yang sudah terjamin mutunya.

"Aku tawarin macam-macam vitamin C, dia gak mau. Istriku maunya Ester C Plus dari CNI, mbak. Aku bingung beli dimana," keluhnya kala itu.

Belum sempat saya jawab, tiba-tiba seorang rekan lain menimpali. "Wah aku juga sedang cari produk CNI nih, itu tuh Nutrimoist. Biasa aku pakai kalau digigit nyamuk atau kalau ada kondisi darurat seperti luka bakar," katanya.

Saat itu saya langsung tersenyum dan berkata, "Tenaaang, sekarang kan bisa langsung belanja di website CNI yaitu GeraiCNI.com Gampang banget lah itu," ujar saya.

"Tapi, bagaimana caranya, mbak? Bingung ah," kata mereka berdua kompak.

"Gak pake bingung, masuk ke websitenya, lalu register. Isi alamat email, password, konfirmasi password dan nanti tunggu email dari CNI. Untuk yang sudah masuk anggota CNI, bisa dicentang kotak yang tersedia untuk data lebih lanjut." terang saya.

"Wah gampang banget donk, tapi kita bukan anggota CNI juga bisa belanja kan ya?" tanya mereka.

"Iya bisa, nanti setelah dapat email konfirmasi, bisa langsung cari produk yang dicari lalu proses pembelanjaan. Nanti dimintai keterangan alamat kirim, metode transfer dan sebagainya. Tidak susah kok," jelas saya lagi.

"Ooooh begitu," ujarmereka kompak sambil manggut-manggut.

"Tapi kalau belanja pakai akun punyaku, bisa dapat diskon loh. Aku kan anggota CNI," kata saya sambil mengibas-ngibaskan kartu anggota CNI.

"Yeeee...bukan bilang dari tadi," ujar mereka sambil melempar uang, eeeh pensil ke arah saya.

Jujur saja, saya merasa senang saat itu. Saya bisa membantu teman memperoleh produk CNI yang mereka butuhkan, sekaligus menjelaskan kepada mereka betapa mudahnya berbelanja di Gerai CNI.

Sosok Dibalik Aktivitas Online CNI 

Saat ini CNI bisa dibilang sudah mengikuti berbagai perkembangan teknologi. Selain Gerai CNI yang memudahkan belanja online, CNI juga aktif di berbagai media sosial. Hingga saat ini, page Facebook CNI sudah di like oleh lebih dari 54 ribu orang, sementara akun Twitter CNI (@cni_id) sudah memiliki lebih dari 23 ribu follower, kemudian akun instagram dengan 15 ribu follower, akun youtube sekitar 35 ribu, dan lain-lain.

Tentu penetrasi CNI ke berbagai media sosial dan platform ini tidak bisa dianggap enteng dan merupakan buah kerja keras yang luar biasa. Tapi, siapa sih orang-orang dibalik kesuksesan CNI di dunia maya tersebut?

Saya merupakan salah seorang yang beruntung bisa berkenalan lebih jauh melalui acara Digital Marketing Sharing alias #KopdarCNI yang dilakukan atas kerjasama komunitas blogger, Fun Blogging dan CNI Indonesia pada hari Minggu (6/3) di kawasan Pasar Festival, Jakarta Selatan.

Niko Riansyah, Social Media Community dari CNI (dok.pribadi)
Disana saya berkenalan dengan salah satu sosok dibalik kesuksesan CNI di dunia maya, yaitu Niko Riansyah sebagai Social Media Community dari CNI. Pria muda ini tampak sangat bersemangat berkisah mengenai upaya CNI memaksimalkan dunia maya untuk mempermudah pelanggan dan anggota CNI memperoleh produk sesuai kebutuhan mereka.

Menurut Niko, website Gerai CNI telah hadir sejak dua tahun yang lalu, namun baru mulai difokuskan sejak satu tahun terakhir. Hingga kini tercatat 31 ribu pengguna website Gerai CNI dengan page view sekitar 180 ribu.

"Pengunjung website Gerai CNI ada yang dari pengunjung tetap yang langsung ke website, pengunjung organik dari mesin pencari Google, iklan Google, tautan referal, media sosial dan email yang kita kirimkan," jelasnya.

Untuk menarik pengunjung, Niko mengaku mesin pencari Google merupakan salah satu yang efektif. Namun, media sosial sangat tepat dilakukan untuk berinteraksi dan membangun komunikasi.

"Postingan kita di media sosial tidak melulu produk, kita memperbanyak konten yang dirasa bermanfaat. Misalnya, vitamin C yang bisa mempengaruhi berat badan, kesehatan kulit, antibodi dan lain-lain," paparnya.

Selain itu, media sosial juga dapat berupa cerita atau kisah pelanggan atau rekan blogger, serta tanya jawab yang pastinya menarik dan bermanfaat. Promo produk biasanya dilakukan secara terbatas, contohnya saat ada produk penawaran khusus atau lainnya.

Sungguh saya merasakan semangat Niko saat ia bercerita pengalamannya melakukan tugas Digital Marketing dari CNI. Apalagi latar belakang Niko yang sebenarnya tidak nyambung, membuat saya semakin kagum dengan semangat belajar dari pria ramah ini.

Kunci Konten Berkualitas

Jika Niko berbicara tentang pentingnya konten berkualitas, maka tentu hal itu tidak jauh berbeda dengan para blogger. Jadi apa sih kunci konten yang baik? Beruntung sekali hari itu, ada seorang narasumber dari Fun Blogging. Sosok satu ini sudah saya kenal sebelumnya. Prestasi-prestasinya yang menjulang di dunia penulisan dan blogging, justru membuatnya semakin merendah. Sungguh luar biasa.

Namanya unik dan gampang diingat, Ani Berta. Tubuhnya hampir mirip dengan saya, sedikit berisi dan agak mungil, apalagi kalau berdampingan dengan yang bertubuh tinggi hehehe :)

Hari Minggu lalu, Teh Ani, begitu beliau banyak disapa, berbicara mengenai cara memperoleh konten berkualitas untuk beberapa blog yang dimiliki. Blog teh Ani pribadi, ada lebih dari 5. Itu belum ditambah dengan berbagai pekerjaan menulis lain. Bisa dibayangkan betapa produktifnya Ibu dari satu anak ini.

Prinsip kerja teh Ani tidak jauh berbeda dengan cara kerja yang saya lakukan saat menjadi reporter dulu. Bahkan jauh lebih baik. Teh Ani sangat gigih dan tidak kenal lelah untuk menghasilkan konten yang baik.

Teh Ani melakukan presentasi sambil berbicang dengan peserta (dok.pribadi)
Tidak ada kamus menulis seadanya atau menulis asal-asalan dari Teh Ani, yang seharusnya diikuti oleh para blogger dan penulis lainnya. Tulisan juga sebaiknya disertakan data, jika memang perlu. Memperoleh data pun bisa melalui online atau bahkan langsung meminta kepada instansi yang terkait. Tidak perlu khawatir, berikan saja identitas blogger yang lengkap untuk itu. "Yang penting adalah cara kita berkomunikasi," begitu tegas Teh Ani.

Mengenai inspirasi tulisan di blog, Teh Ani mengibaratkan udara. Inspirasi ada di sekitar kita, dimana saja, setiap saat, yang siap diambil oleh blogger yang jeli. Berikut contohnya ;
  • Berbagi informasi, mulai dari tempat menarik, bersejarah, pengalaman membuat paspor, NPWP dan lain-lain. 
  • Berbagai edukasi, yang bisa diawali dari keahlian berdasar latar belakang pendidikan, pengalaman, ataupun hasil wawancara dengan narasumber.
  • Berbagi opini ini bisa diambil dari berita di televisi, media cetak atau online, acara talkshow atau juga hasil obrolan. 
Ingat untuk menyertai dengan data yang valid bagi rekan-rekan blogger, jika memang diperlukan. 

"Tidak ada hasil yang instan. Yang penting adalah terus memperkaya konten," ujar Teh Ani berulang-ulang pada seluruh peserta acara sore itu.

Peserta #KopdarCNI pada serius banget, sebab pembicaranya keren-keren sih (dok.pribadi)
Satu lagi yang ditekankan sore itu, mulai membangun identitas blogger sesuai dengan passion. Jangan sekedar ikut-ikutan tren. "Jangan takut berpendapat berbeda. Miliki opini yang beda, unik. Sesuaikan dengan kata hati untuk posting," katanya lagi.

Sungguh bagi saya, kalimat-kalimat dari Teh Ani sangatlah menguatkan. Ditengah hiruk pikuk dunia blogger yang semakin ramai, saya menemukan sosok yang begitu mengagungkan mutu tulisan, cara kerja yang penuh semangat dan kerendahan hati yang sangat tulus, 

Acara #KopdarCNI hari itu benar-benar sarat ilmu bagi saya yang masih berusaha terus belajar, juga sangat menyenangkan dapat berkenalan dan bertemu dengan narasumber dari CNI, Fun Blogging dan teman-teman blogger lain. Terimakasih semuanya :)

Seluruh peserta dan penyelanggara dari CNI dan Fun Blogging (Foto : Niko)

  


12 comments:

  1. Terima kasih udah hadir di acara ini ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Teh Ani, ilmu yang diperoleh banyak banget deh.

      Delete
  2. Seinget CNI sdh tersohor sebelum masuk tahun 2000
    semoga terus berinovasi, dan berkembang
    salam

    ReplyDelete
  3. Tersohornya udah lama mas, tapi konsentrasi di GeraiCNI yang memungkinkan bisa belanja online, yang baru beberapa tahun terakhir ini. Terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  4. klo mau jd member CNI gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. informasinya bisa dilihat di website CNI ini http://www.geraicni.com/info/Cara-Belanja

      Delete
    2. Kalo link-nya gak bisa langsung diklik, di copy paste aja di browser mbak. Semoga bisa membantu :)

      Delete
    3. Saya copas jawaban Mas Niko dari CNI ya mbak :

      "Cukup belanja produk CNI senilai 500,000 di geraicni.com kemudian akan ada tombol untuk Daftar Member. Nanti user akan diminta untuk isi beberapa data untuk keperluan menjadi member CNI. Tinggal klik Daftar Sekarang. Maka benefit seperti potongan harga sebagai member untuk pembelian produk CNI akan secara otomatis didapatkan dan tentunya jika ingin berbisnis CNI juga sudah bisa dengan syarat dan ketentuan berlaku."

      Delete
  5. seru yah acara kemarin mba, bermanfaat banget. Gak sabar nunggu acara2 berikutnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak sabar, pasti selalu dapat banyak informasi dan ilmu.

      Delete
  6. Seneng lihat mereka yang masih muda berprrstasi ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Idah. Tapi, kalo belajar sih yang harus buat generasi yang lebih "berumur" juga :D

      Delete

Terimakasih yaa ^_^